oleh

Anies Gelontorkan 7,8 M untuk Pemukiman Pasar Gembrong

Dengar.id, Jakarta – Gubenur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memulai revitalisasi permukiman Pasar Gembrong, RW 001 Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur yang kebakar, Jumat (1/7/2022) pagi.

”Alhamdulillah pada pagi hari Jumat ini, kita melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan ulang kampung Gembrong ini dan rencanannya dinamai Kampung Gembira Gembrong,” katanya disela-sela acara ground breaking.

judul gambar

Anies mengatakan, nantinya akan ada 136 unit yang dibangun untuk menggantikan tempat tinggal untuk para korban kebakaran dengan biaya Rp 7,8 miliar. “Pembangunan ini, diperkirakan selesai pada September mendatang,” tegasnya.

Menurutnya, Kampung Gembira Gembrong ini akan dibangun dengan konsep menghadap ke sungai. “Kampung ini akan menjadi percontohan pembangunan kampung-kampung lainnya. Kalau di Inggris namanya water front, kelihatan menghadap air, airnya air sungai,” papar Anies.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Timur M Anwar mengatakan, bahwa nantinya akan dibangun juga taman vertikal di permukiman tersebut.

“Kami akan bangun rumah tinggal sesuai dengan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” ujar Anwar.

“(Akan ada) kawasan interaktif warga, seperti taman vertikal dan tanaman akan ditata sepanjang kawasan inspeksi kali,” imbuh dia.

Selain itu, Pemerintah juga akan membangun instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di sana.

Diketahui, Kebakaran Pasar Gembrong terjadi pada Minggu (24/4/2022) malam hingga Senin (25/4/2022) dini hari lalu.

Setidaknya ada 400 bangunan yang hangus terbakar dalam kejadian tersebut. Luas area yang terbakar mencapai 1.200 meter persegi.

Dalam peristiwa tersebut, sebanyak 450 kepala keluarga atau 1.000 jiwa di lima RT Kelurahan Cipinang Besar Utara terdampak. Kebakaran hebat itu menimbulkan kerugian ditaksirkan mencapai Rp 1,5 miliar. (ZAN)

Komentar