oleh

Anleg RI Johan Rosihan Gelar Bimtek Pengelolaan Bantuan Sarpras Pertanian di Dompu

Dengar.id, NTB – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), H. Johan Rosihan, ST kembali menggelar bimbingan teknik (Bimtek) pendampingan pengelolaan bantuan prasarana dan sarana pertanian, untuk Kabupaten Dompu.

Kegiatan kali ini berlangsun di Hotel Tursina, Sabtu (16/7/2022). Dengan dihadiri oleh Ditjen PSP Kementan Gunawan Suhendro, SE, Kepala Distambun Kabupaten Dompu Muhammad Syahroni, SP., MM, Kepala UPTD Kecamatan Dompu, Penyuluh dan sejumlah anggota Gapoktan se Kabupaten Dompu.

judul gambar

Dalam sambutannya, Anggota Komisi IV DPR RI ini, menyampaikan ucapan selamat datang kepada peserta Bimtek yang sudah bersedia menghadiri kegiatan ini. “Selamat datang dan selamat bergabung di acara ini. Juga terima kasih atas keluangan waktunya,” ucapnya.

Dikatakannya, kepada semua pihak untuk dapat mengoptimalkan alat-alat mesin pertanian yang diberikan untuk lebih mengaktifkan cara kerja petani dilapangan sehingga dapat membantu kesulitannya selama ini.

Misalnya, selama ini kita butuh sekian jam untuk menyelesaikan pekerjaan dilapangan, namun dengan adanya alat mesin traktor bisa menyelesaikannya hanya beberapa jam saja.

“Kami berharap kepada semua peserta, agar mengikuti kegiatan ini sampai akhir. Sehingga apa yang didapatkan dapat memenuhi hajatnya,” ujarnya.

Selain itu, kata anggota Fraksi PKS ini, berkaitan dengan Alsintan yang diberikan, ia berharap agar dapat berdayaguna dan dimanfaatkan dengan baik.

“kehadiran Alsintan merupakan sebuah keniscayaan dan keharusan bagi kita. Apalagi kita sudah masuk di era industrialisasi 4.0, namun tidak sepenuhnya menghilangkan kebiasaan dan tradisi kita,” terangnya.

Diakhir penyampaiannya, mantan anggota DPR NTB dua periode ini menekankan, agar Alsintan yang diterima dengan baik pun harus dimanfaatkan sebaik mungkin. “Selama ini saya melihat setelah diterimanya Alsintannya, namun sangat jarang merasa memilikinya,” tegasnya.

Sementara itu, Gunawan Suhendro selaku Ditjen PSP Kementan RI mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan kali keduanya setelah kegiatan dilakukan di Hotel Lombok Raya kemarin. “Dan ini merupakan sebuah kebanggan tersendiri untuk Kabupaten Dompu,” tandasnya.

Ia menuturkan, bahwa sebagai pihak penyedia bantuan tentu menyalurkan bantuan sesuai dengan data PCPL untuk mendapakan bantuan seperti, Pupuk, Alsintan, Pompa Air, dan sejenisnya melalui Dinas Pertaniam Kabupaten Dompu.

“Bantuan barang tersebut akan dibagikan oleh Dinas Kabupaten Dompu kepada sejumlah Kelompok Tani. Namun terkait dengan masalah Alsintan silahkan tanyakan langsung pada tim teknisnya nanti pada saat dialog,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distambun) Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni, SP, MM menyampaikan, ucapan selamat datang kepada H Johan Rosihan, Ditjen PSP Kementan RI Gunawan Suhendro dan seluruh peserta kegiatan. “Kami khaturkan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya ataa kepercayaan dan keluangan waktunya,” ucapnya.

“Sekali lagi kami apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya,” sambungnya.

Dikatakannya, Kabupaten Dompu sangat bersyukur dan berbahagia memiliki anggota legislatif seperti H Johan yang sampai saat ini masih sangat konsisten dan membela rakyat melalui aspirasinya.

“Jujur, kalau berbicara masalah alat pertanian, kami sangat berkecil hati. Karena dalam tiga tahun terakhir ini bantuan alat mesin pertanian sangat minim yang bersifat reguler, lebih banyak bantuan alat mesin pertaniannya melalui Aspirasi DPR, baik DPRD Kabupaten, DPR Propinsi maupun DPR RI,” bebernya.

Pada kesempatan itu, Dae Roni sapaan akrab Kadistambun ini berharap kepada perserta Bimtek agar benar-benar mengoptimalkan kesempatan dengan anleg PKS tersebut dengan baik.

“Saat ini kita kewalahan dengan keterbatasan anggaran dalam penyediaan alat mesin pertanian. Oleh karenanya, bantuan dan kepercayaan oleh H Johan Rosihan telah ikut membantu daerah kita hari ini,” pungkasnya.

Komentar