7 BUMN Dibubarkan Gara-Gara Bangkrut

Dengar.id, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), telah membubarkan 7 perusahaan pelat merah yang sudah tak beroperasi sepanjang tahun 2023.

Alasan pembubarannya, dikarenakan tujuh BUMN tersebut sudah berusia puluhan tahun dan bangkrut.
Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, dikutip dari CNBC Indonesia, mengatakan, nasib para pegawai BUMN yang ditutup itu akan di proses berdasarkan ketentuan yang berlaku. “Dalam proses pembubaran, aset perusahaan akan dijual melalui kurator,” katanya.

Dirinya menjelaskan, seurator memiliki daftar penerima hak atas aset yang dijual tersebut.
“Dalam penjualan aset melalui kurator juga terdapat ranking atau pihak yang memiliki hak atas aset tersebut,” jelasnya.
“Yang paling atas termasuk pajak dan pegawai itu yang paling atas,” samabungnya.

Berikut daftar 7 BUMN tersebut:

  1. PT Merpati Nusantara Airlines (Persero)
    BUMN yang didirikan pada 6 September 1962 itu dibubarkan pada 22 Februari 2023 karena dinyatakan pailit dan sudah berhenti beroperasi sejak 2014.
  2. PT Kertas Leces (Persero)
    Kertas Leces dibubarkan pada hari yang sama dengan pembubaran Merpati Airlines. Pembubaran tertuang dalam PP Nomor 9 Tahun 2023 tentang Pembubaran Perusahaan Perseroan (Persero) PT Kertas Leces.
    “Perusahaan Perseroan (Persero) PT Kertas Leces yang didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun l982 tentang Pengalihan Bentuk Perusahaan Negara Kertas Leces Menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) bubar karena dinyatakan pailit,” bunyi pasal 1 PP itu.
  3. PT Istaka Karya (Persero)
    BUMN Konstruksi ini didirikan pada 1979 dengan nama awal Indonesian Consortium of Construction Industries (PT ICCI). Namun sayang, Istaka Karya dibubarkan pemerintah pada 17 Maret 2023 lalu.
  4. PT Industri Sandang Nusantara (Persero)
    Pembubaran perusahaan negara yang berdiri sejak 1961 itu berbarengan dengan Istaka Karya. Keputusan ini ditetapkan melalui PP Nomor 14 Tahun 2023 tentang Pembubaran Perusahaan Perseroan (Persero) PT Industri Sandang Nusantara.
  5. PT Pembiayaan Armada Niaga Nasional (Persero)
    PANN sebenarnya dibubarkan lebih dahulu dari keenam BUMN di atas. Pada tahun lalu, perusahaan ini hanya menyisakan 7 karyawan, yakni jajaran direksi dan komisaris.
  6. PT Kertas Kraft Aceh (Persero)
    KKA sudah beroperasi sejak 1983 dengan fokus memproduksi kertas kantong semen. Mengutip CNN Indonesia, perusahaan pelat merah ini juga menjadi tempat kerja Jokowi kala itu.
    Namun, KKA harus dibubarkan melalui PP Nomor 17 Tahun 2023 yang diteken Jokowi pada 3 April 2023.
  7. PT Industri Gelas (Persero)
    PT Industri Gelas (Persero) atau Iglas dibubarkan pada 3 April 2023. Pembubaran didasari pada PP Nomor 18 Tahun 2023.
author avatar
arif dengar.id

Komentar