Bantuan Ayam Ternak Bagi KK Miskin Ekstrem Disalurkan Pemkab Sumedang melalui Diskanak

Dengar.id, SUMEDANG – Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) di tahun 2024 ini kembali akan menyalurkan bantuan ayam ternak bagi KK miskin ekstrem.

Kepala Diskanak Sumedang Tono Suhartono mengatakan, pada tahun ini jumlah KK miskin ekstrem yang menerima dipastikan bertambah, karena jumlah desa penerima juga bertambah.

“Kalau dulu pada tahap pertama hanya di 26 Desa atau satu kecamatan satu desa, maka untuk tahun 2024 atau kedua ini sasarannya semua desa dan kelurahan yang belum mendapatkan bantuan tersebut,” jelas Tono, Rabu (07/02/2024).

Dikatakannya, nantinya KK miskin ekstrem di setiap desa dan kelurahan tersebut masing masing akan mendapatkan 3 ekor ayam terdiri dari 2 ekor betina dan 1 ekor jago.

Para penerima agar nantinya ayam ayam tersebut dipelihara dan bisa berkembangbiak dengan baik hinga memberikan manfaat bagi penerima. 
“Awas jangan dulu dipotong atau dijual sebelum berkembangbiak banyak, karena ini bantuan mesti dijaga dengan baik,” jelasnya.

Tonopun berharap, adanya bantuan ayam bagi KK Miskin ekstrem ini sedikitnya bisa menambah sumber pendapatan bagi keluarga itu sendiri atau bisa juga ketika sudah banyak menambah asupan protein di keluarga tersebut.

Menurutnya, hasil evaluasi yang telah dilakukan pihak Diskanak pada pemberian bantuan sebelumnya, para penerima memelihara ayam bantuan tersebut dengan sungguh sungguh.

“Saya pikir untuk memelihara ayam tidak terlalu sulut dan tidak perlu modal banyak, jadi cocok juga bila mereka diberi bantuan ayam untuk sedikit beternak,” paparnya.

author avatar
arif dengar.id

Komentar