Begini Penjelasan Soal Video Viral Jamaah Salat Tarawih di Minimarket

JAKARTA – Bulan Ramadan adalah bulan penuh ibadah bagi umat Islam. Selain wajib menunaikan puasa, umat Islam juga dianjurkan untuk melakukan ibadah lainnya seperti i’tikaf di masjid, salat tarawih, salat malam, sampai sahur.
Bahkan yang sering terjadi, di malam akhir ramadhan ini Masjid tampak dipenuhi oleh jamaah sampai meluber ke jalanan bahkan menempati tempat di sekitar masjid.

Hal itulah yang terekam dalam sebuah video viral baru-baru ini. Dibagikan oleh akun TikTok @azharrbn, postingan tersebut menuai sorotan warganet. Pasalnya, dalam video itu tampak para jamaah salat tarawih yang baru selesai salat di sebuah minimarket.

Mereka terlihat menggelar sajadah di sela-sela rak barang. Dengan pakaian serba putih, tampak para jamaah ini cukup khusuk menunaikan ibadah salat tarawih.

“Majelis Alfamart,” tulis keterangan dalam video. Hal ini tentu membuat warganet penasaran dan ingin tahu alasan kenapa momen itu bisa terjadi. Alhasil, warganet membanjiri kolom komentar dengan rentetan pertanyaan. Mendapati warganet yang penasaran sang pemilik akun pun menjawabnya satu persatu. “Kok bisa sih, ceritanya gimana?” tanya seorang warganet lewat akun @amyamalia745.

Si pemilik akun pun menjawab kalau momen tersebut ada pada acara salat tarawih berjamaah dan pengajian rutin sebuah majelis taklim di daerah Bogor. “Karena di luarnya (masjid) full, ini kegiatan rutinan tiap tahun Malam 21 Ramadhan Di Empang, Bogor,” jawab pemilik akun.

Pemilik akun juga menjelaskan, kalau acara tersebut selalu diadakan setiap tahun pada malam 21 Ramadan di Masjid Keramat, Empang, Bogor. Dalam acara tersebut biasanya diadakan salat tarawih dan juga zikir bersama. Setiap tahunnya, jamaah dari Bogor dan kota sekitarnya berbondong datang untuk beribadah.”Ini acara rutinan dzikir dan tarawih di malam 21 Ramadhan di Kramat Empang Bogor. Setiap tahun selalu ramai. Karena Sampai penuh di jalan akhirnya di Alfa pun jadi,” tulis pemilik akun menjelaskan.

Namun momen unik dari video ini adalah, minimarket tetap berfungsi sebagaimana biasanya. Terbukti dari salah satu jamaah yang tampak bertransaksi di kasir guna membeli sesuatu.Meski begitu momen ini tampak tak biasa oleh warganet di media sosial. Beberapa masih ada yang mempertanyakan, beberapa lainnya ada yang membantu menjelaskan. ada pula yang menuliskan reaksi kocak di kolom komentar.

“Keluar wajib dicek itu satu-satu. Kasian karyawan Alfanya gantiin barang pake gaji mereka,” tulis @joyboysamaa0.
“Semilyar persen barang-barang Alfa nggak akan ada yang hilang, bang. Orang kita niatnya ibadah kok,” kata pemilik akun berusaha menjelaskan @feninamalvina.
@Lagian kan ada CCTV bang,” kata akun @power_rangers045.”Sekali-kali main ke Bogor sini om, dan sekali-kali juga ikutan tarawih di Masjid Raya Empang,” ujar pemilik akun @henis301.
“Setiap sujud satu silverqueen masuk ke sarung tuh hahaha,” kata akun @ibkarmubarak berkelakar.

author avatar
arif dengar.id

Komentar