Berikut Pernyataan Presiden Jokowi Terkait Putusan MK

JAKARTA – Presiden Joko Widodo akhirnya buka suara terkait hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan kubu Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Dia menegaskan pemerintah menghormati putusan tersebut. “Ya pemerintah menghormati putusan MK yang final dan mengikat,” kata Jokowi di Sulawesi Barat, Selasa (23/4/2024) kemarin.

Menurutnya, putusan MK tersebut juga menegaskan apa yang selama ini dituduhkan kepada pemerintah tidak terbukti.

“Dan pertimbangan hukum dari putusan MK yang juga menyatakan bahwa tuduhan-tuduhan kepada pemerintah seperti kecurangan, intervensi aparat, kemudian apalagi? politisasi bansos, kemudian mobilisasi aparat, ketidaknetralan kepala daerah telah dinyatakan tidak terbukti,” beber Jokowi.

“Ini yang penting bagi pemerintah ini,” sambungnya.

Meski demikian, setelah putusan MK, Jokowi menyerukan agar semua untuk kembali bersatu.

“Karena faktor eksternal, geopolitik betul-betul menekan ke semua negara. Saatnya bersatu, bekerja membangun negara kita,” kata Jokowi.

Selanjutnya, dirinya memastikan pemerintahan saat ini mendukung penuh proses transisi kepada pemerintahan berikut.

“Dan pemerintah mendukung proses transisi dari pemerintahan sekarang ke nanti pemerintahan baru, akan kita siapkan karena sudah sekarang MK sudah, tinggal nanti penetapan oleh KPU besok ya. saya rasa itu,” kata Jokowi.

Diketahui Prabowo Subianto dan Gibram Rakahuming Raka tinggal akan ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil pl0residen terpilih oleh KPU, hari ini (Rabu,red). Dan, keduanya akan dilantik pada 20 Oktober 2024 mendatang.

author avatar
arif dengar.id

Komentar