Gunung Lewotobi Laki-laki Meletus, Warga Diimbau Waspada

FLORES TIMUR – Gunung Api Lewotobi Laki-laki yang berada di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) dilaporkan kembali meletus pada Senin (03/06/2024) pukul 05.39 Wita.

“Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 14.8 mm dan durasi sementara ini lebih 15 menit 27 detik,” ungkap Kepala Pos PGA Lewotobi Laki-laki, Herman Yosef Mbro.

Dijelaksannya, tinggi kolom abu teramati lebih kurang 300 meter di atas puncak sekitar 1.884 meter di atas permukaan laut.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga cokelat dengan intensitas tebal condong ke arah utara,” ujarnya.

Herman mengimbau warga sekitar tetap waspada. Masyarakat yang terdampak hujan abu diharapkan memakai masker atau penutup hidung dan mulut untuk menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernapasan.

Kemudian, tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi serta sektoral 3 kilometer pada arah utara dan timur laut dan 5 kilometer pada sektor timur laut.

Dia menambahkan, sampai saat ini aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki masih level II waspada.

Sementara itu, Kepala Desa Klatanlo, Kecamatan Wulanggitang, Petrus Muda Kurang mengungkapkan bahwa aktivitas erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki mengalami peningkatan selama tiga hari terakhir. Bahkan beberapa desa di lereng gunung dilanda hujan abu.

“Sempat terjadi hujan abu kemarin di beberapa wilayah,” ujar dia.

Petrus mengatakan, sampai saat ini aktivitas warga masih normal. Namun dia mengimbau tetap waspada dan mengikuti imbauan pemerintah dan rekomendasi yang ditetapkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

author avatar
arif dengar.id

Komentar