Indonesia Pastikan Dua Atlet Lari Lolos Olimpiade Paris 2024

JAKARTA – Dua atlet lari, Lalu Muhammad Zohri dan Odekta Naibaho, dipastikan lolos untuk ikut berkompetisi dalam ajang Olimpiade Paris 2024.

“Ada tambahan dua nama yang dipastikan ikut (Olimpiade Paris 2024) yaitu Zohri dan Odekta sehingga menambah jumlah atlet yang lolos menjadi sembilan orang,” kata Ketua KOI Raja Sapta Oktohari kepada wartawan pada acara Buka Bersama NOC Indonesia bertema “72 Tahun Menjaga Merah Putih Bersama Komite Nasional Indonesia” di Jakarta,.

Ia menjelaskan, KOI sudah mendapatkan informasi dari Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) terkait lolosnya kedua atlet lari andalan itu serta telah dikomunikasikan ke pihak penyelenggara Olimpiade Paris.

“Keduanya lolos melalui jalur wild card. Lalu Muhammad Zohri akan bertanding untuk nomor lari 100 meter, sedangkan Odekta Naibaho untuk nomor lari maraton,” jelas Oktohari.

Oktohari mengatakan, KOI masih menunggu cabang olahraga lain yang masih menjalani kualifikasi dan berpeluang meloloskan atlet ke Olimpiade Paris.

Oleh sebab itu, kata dia, KOI belum bisa menentukan target jumlah atlet maupun perolehan medali sebelum semua cabang selesai melakukan kualifikasi.

“Itu sudah kami sudah laporkan juga ke Pak Menteri (Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo) dan nanti pada saat sudah selesai kualifikasi kami akan kembali lagi ke pak menteri untuk duduk sama-sama membuat kajian terakhir tentang target Olimpiade Paris 2024,” katanya.

Lolosnya kedua atlet itu menambah daftar jumlah atlet Indonesia yang mengantongi tiket berkompetisi dalam Olimpiade Paris menjadi sebanyak sembilan orang.
Sebelumnya, sudah ada tujuh atlet yang telah dipastikan lolos untuk berkompetisi pada ajang olahraga tertinggi dunia itu yakni atlet panahan putra Arif Dwi Pangestu, panahan putri Diananda Choirunisa.

Selain itu, atlet senam artistik Rifda Irfanaluthfi, atlet menembak putra Fathur Gustafian, atlet panjat tebing putra Rahmad Adi Mulyono, atlet panjat tebing putri Desak Made Rita Kusuma Dewi,dan peselancar putra Indonesia Rio Waida.

author avatar
arif dengar.id

Komentar