Lepas Kontingen Pelajar untuk ASG 2024, Menpora Dito: Ini Kesempatan Emas Tunjukan Kemampuan Terbaik Kalian

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo menargetkan Kontingen Pelajar Indonesia meraih juara umum dalam ASEAN Schools Games (ASG) 2024 di Da Nang, Vietnam, yang berlangsung 31 Mei sampai 9 Juni 2024.

Dorongan ini disampaikan saat mengukuhkan dan melepas Kontingen Pelajar Indonesia untuk ASG 2024 di Wisma Auditorium Wisma Kemenpora, Senin (27/05/2024).

“Ini adalah kesempatan emas untuk menunjukkan kemampuan terbaik kalian. Jadi berjuanglah dengan penuh semangat, junjung tinggi sportivitas, dan tetap rendah hati. Setiap langkah di arena ASG 2024 bisa melambungkan kalian sebagai atlet berprestasi di masa depan,” kata Menpora memberikan motivasi.

Menpora Dito memaparkan, saat Kontingen Indonesia mendulang prestasi di SEA Games Kamboja 2023 silam, mayoritas dari atletnya merupakan atlet-atlet junior. Karenanya Menpora mendorong para pelajar yang tergabung dalam Kontingen Indonesia di ASG memaksimalkan ajang ini untuk mengasah kemampuan.

“Jadi adik-adik semuanya yang akan diberangkatkan ke Vietnam, ini adalah permulaan kalian, asah kemampuan kalian untuk nantinya dilanjutkan ke ajang yang lebih tinggi, syukur-syukur kalian semua bisa melanjutkan di SEA Games 2025,” sebut Menpora.

Lebih lanjut menteri termuda era Jokowi ini memaparkan, keberhasilan dalam ASG 2024 bukan hanya tentang perolehan medali. Melainkan juga membangun karakter sportivitas dan persahabatan antarnegara.

“Tunjukkan kepada teman-teman kalian di seputar Asia Tenggara bahwa Indonesia memiliki bakat, disiplin, dan semangat juang yang tinggi,” tegas Menpora.

Selanjutnya, politisi Partai Golkar ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada induk organisasi cabang olahraga (cabor) yang telah membantu dalam penyiapan atlet, serta kepada para pelatih dan ofisial yang telah bekerja keras.

Menurut Menpora, pencapaian yang baik mencerminkan manajemen yang baik dan efektif.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat berjuang kepada seluruh atlet, tunjukkan yang terbaik, berikan yang terbaik, dan jadilah kebanggaan bangsa,” ucap Menpora Dito.

“Siap Juara Umum?” tanya Menpora kepada para atlet yang dijawab siap secara serempak.

Menpora Dito menuturkan, bila melihat materi atlet yang dimiliki, Indonesia terbilang unggul. Sehingga sudah semestinya bisa keluar sebagai juara umum. Apalagi Indonesia terbilang berprestasi pada enam cabor yang akan diikuti di ASG 2024. Keenam cabor itu adalah atletik, renang, badminton, bola basket, pencak silat, dan vovinam.

“Untuk vovinam pada SEA Games kemarin kita meraih emas. Jadi saya rasa tidak aneh kalau tim atlet siswanya juga emas. Jadi harusnya Indonesia juara umum,” simpul Menpora.

Meski mendorong Kontingen Indonesia meraih juara umum, Menpora Dito meminta hal tersebut jangan dijadikan beban. Melainkan motivasi langkah awal untuk menjadi atlet kelas dunia. Dalam hal ini Pemerintah melalui Kemenpora akan selalu memberikan dukungan.

“Selalu ingat pasti kita semua, Pemerintah di belakang kalian dan selalu mendukung kiprah dan karier kalian ke depannya. Sekali lagi berikan yang terbaik, jaga sportivitas, raih yang terbaik, dan selamat bertanding. Salam olahraga!” pungkas Menpora Dito.

author avatar
arif dengar.id

Komentar