Menpora Dito Bangga Perjuangan Garuda Muda Taklukan Singapura 3-0 di Ajang AFF U-16 2024

SOLO – Menpora Dito menyaksikan langsung laga Timnas U-16 melawan Singapura pada laga perdana Grup A ajang AFF U-16 2024 yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/06/2024) malam.

Pada kesempatan itu, Menpora Dito bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dari tribun VVIP, memberikan dukungan semangat kepada punggawa Garuda muda yang berhasil mengalahkan Singapura 3-0 itu.

Pada laga tersebut, Timnas U-16 lebih mendominasi jalanya pertandingan meskipun sempat terkena hukuman penalti oleh wasit Koji Takasaki. Penalti ini diberikan setelah sepakan Uchenna Emmanuel kena tangan Putu di menit ke-29.

Namun penalti tersebut bisa dipatahkan Nur Ichsan. Eksekusi Mao Zhixuan, kapten Singapura U-16 ke arah kanan gawang berhasil ditepis keluar lapangan oleh Ichsan.

Di menit ke-35, Mierza Firjatullah sempat membobol gawang Singapura. Sayang gol itu didahului posisi offside saat menerima umpan terobosan jarak jauh.

Kegagalan itu lantas dibayar tuntas Mierza pada menit ke-40. Memanfaatkan lemparan ke dalam jarak jauh mirip Pratama Arhan, Fabio Azka, Mierza menanduk bola dengan tepat ke gawang.

Usai jeda, pemain makin berani memainkan bola. Jumlah sentuhan terlihat meningkat, tetapi persentase umpan lambung atau jauh juga banyak. Intensitas permainan langsung naik.

Pada menit ke-57 Singapura dihukum penalti setelah Rauf Anaqi melanggar Daniel Alfrido. Evandra Florasta yang jadi algojo penalti dengan tenang menipu kiper Singapura.

Gol ini membuat daya juang pemain Indonesia U-16 meningkat. Keunggulan Indonesia bertambah setelah Fandi Alberto sukses mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-86.

Dengan kemenangan ini Indonesia berhak berada di puncak klasemen Grup Grup A. Sementara Laos berada di posisi kedua meski sebelumnya menang 3-0 atas Filipina.

“Saya sangat bangga dengan permainan kalian di lapangan tadi, dan saya lihat sangat baik. Saya selalu yakin pembinaan sepak bola usia dini semakin serius dan maju. Pemerintah dalam hal ini Kemenpora akan selalu mendukung pembinaan kalian,” kata Menpora Dito usai pertandingan.

“Saya harap ini konsisten hingga berjenjang sampai timnas senior. Saya ingin kalian lakukan yang terbaik hingga puncak dan juara,” harapnya.

author avatar
arif dengar.id

Komentar