Menpora Dito Harap Atlet Senam Bisa Ukir Sejarah di Olimpiade 2024 Paris

VIETNAM – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengunjungi lokasi latihan atlet senam Rifda Irfanaluthfi di Elite Club Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Jumat (07/06/2024).

“Saya lihat Rifda sedang latihan penguatan fisik dalam persiapan menuju Olimpiade,” ujar Menpora Dito. 

Dikatakannya, demi hasil maksimal di ajang olahraga internasional empat tahunan itu, Rifda akan mengikuti pemusatan latihan di Belanda pada 15 Juni 2024 nanti. Hal ini dilakukan untuk mempertajam latihan fisik serta mentalnya. 

“Semoga di Olimpiade nanti Rifda bisa mengukir sejarah, dan kedepan saya harap cabor senam bisa menjaga tradisi untuk terus bisa lolos Olimpiade,” jelas Menpora Dito. 

Hal senada pun disampaikan, Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia di Olimpiade 2024 Paris, Anindya Bakrie. Dirinya yakin Rifda nantinya mampu membuat kejutan. Untuk itu, ia berpesan agar Rifda dapat terus mengasah kemampuannya. 

“Kita doakan semoga dia persiapannya semakin baik. Khususnya di mental dan juga psikologis. Ternyata Olimpiade ini merupakan impiannya sejak sepuluh tahun yang lalu,” terangnya. 

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) Ita Yuliati menyampaikan kondisi Rifda makin baik pascapemulihan cedera kaki yang dialaminya beberapa waktu lalu. Menurutnya, Rifda sudah percaya diri. 

“Kelihatannya dia sudah percaya diri terhadap kakinya yang baru dioperasi. Kami yakin dia akan mendapatkan hasil terbaik,” sebutnya.

Ita melanjutkan, pemulihan cedera kaki Rifda tergolong cepat. Periode ini, Rifda fokus menguatkan fisik dengan menggunakan alat berat di gym.

Termasuk juga dengan memperkuat otot tangan dan kakinya. Sesekali juga Rifda berlatih sprint untuk memperbaiki otot motorik di bagian kaki. 

“Ya saya harap mentalnya (Rifda) semakin siap. Semoga dia bisa tampil baik di sana karena persaingannya sangat berat,” pungkasnya.

author avatar
arif dengar.id

Komentar