Menpora Dito Jadi Juri Grand Final Putri Indonesia 2024

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, menjadi salah satu juri dari 12 juri penilai pada Grand Final Putri Indonesia 2024 yang diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (8/3) malam. Menpora ingin adanya penguatan karakter pemuda menuju Indonesia Emas 2045

“Yak saya ingin bertanya, Indonesia saat ini sedang mengalami Bonus Demografi, jadi jika nanti sebagai Putri Indonesia, apa yang akan anda lakukan untuk menguatkan pemuda khususnya untuk menghadapi middle income trap dan juga menuju Indonesia Emas 2045,” kata Menpora Dito kepada salah satu finalis di babak enam besar dari DI Yogyakarta, Sophie Kirana.

Pertanyaan Menpora Dito kemudian dijawab dengan waktu terbatas 30 detik. “Saya sebagai Putri Indonesia pasti mendukung Indonesia Emas 2045. Saya mendorong kita semua untuk menguatkan karakter pemuda termasuk penguatan kesehatan mental. Juga termasuk kolaborasi. Jadi, saya ingin pemerintah, kita semua dan komunitas bersama-sama mendukung Indonesia Emas 2045 dengan penguatan karakter,” jawab Sophie Kirana.

Tahun ini, menjadi penyelenggaraan ke-27 Pemilihan Putri Indonesia 2024 dengan tema besar yang diangkat ‘The Authentic Beauty of Indonesia’, diikuti 41 finalis perwakilan dari 31 provinsi di Indonesia. Ke-41 finalis Puteri Indonesia datang dari berbagai profesi seperti dokter, influencer, model, karyawati, mahasiswi. Mereka juga memiliki latar belakang pendidikan hingga advokasi. 

Dari 41 finalis Putri Indonesia 2024 malam ini kemudian dipilih 16 finalis untuk melaju ke babak selanjutnya. Ke-16 besar ini terdiri dari 13 pilihan juri dan 3 finalis dengan voting tertinggi. Selanjutnya, dari top 16 akan dikerucutkan lagi menjadi 6 finalis (5 pilihan juri, 1 voting tertinggi). Lalu menjadi 4 finalis untuk memperebutkan empat gelar utama.

Babak empat besar kemudian diraih finalis Harashta Haifa Zahra dari Jawa Barat, Sophie Kirana dari DI Yogyakarta, Ni Ketut Permata Juliastrid Sari dari Bali dan Melati Tedja dari Jawa Timur. Sementara, runner up ke-4 diraih Ghina Raihanah Tadjoedin dari DKI Jakarta 1, runner up ke-5 diraih Latisa Safa Maura dari Banten.

Pemenang Putri Indonesia 2024 kemudian diraih oleh Harashta Haifa Zahra finalis dari Jawa Barat. 

Selain memperebutkan gelar juara Puteri Indonesia 2024, finalis juga bersiaga meraih mahkota Borobudur. Mahkota Borobudur itu terdiri dari Mahkota Merah untuk Puteri Indonesia, Mahkota Hijau untuk Puteri Indonesia Lingkungan yang kemudian diraih finalis Sophie Kirana dari DI Yogyakarta, Mahkota Biru untuk Puteri Indonesia Pariwisata yang diraih Ni Ketut Permata Juliastrid Sari dari Bali, dan Mahkota Kuning untuk Puteri Indonesia Pendidikan dan Kebudayaan yang diraih oleh Melati Tedja dari Jawa Timur.

Sebagai informasi ke-12 juri pada Pemilihan Putri Indonesia 2024 malam ini adalah Kusuma Dewi (Ketua Dewan Juri), Angkasa Mega (Yayasan Puteri Indonesia), Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri), Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023), Kusuma Anjani (Direktur Mustika Ratu), Prilly Latuconsina (Aktris, sineas), Jahja Setiaatmadja (President Director Bank BCA), Lakshmi Shari De-Neefe Suardana ( Puteri Indonesia 2022), Luma Russo (Miss Charm 2023), Andrea Aguilera (Miss Supranational 2023) dan Emil Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024).

Acara Grand Final Puteri Indonesia 2024 ini dipandu oleh host Choky Sitohang dan Patricia Gouw. Serta dimeriahkan oleh Tiara Andini, Lesti Kejora, Baim, Adinda Cresheilla, serta Oni n Friends Orchestra. Hadir pula Miss Charm 2023, Miss International 2023, serta Trio Sinaran. (ben)

author avatar
arif dengar.id

Komentar