Terima Audiensi UI Trail Runners, Menpora Dito Akan Mendukung Penuh Atlet di UTMB

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menerima audiensi Universitas Indonesia (UI) Trail Runners di Kemenpora, Jakarta, Rabu (20/3). Komunitas pelari trail di kampus UI tersebut melaporkan ada tiga alumninya yang mengikuti Ultra-Trail du Mont-Blanc (UTMB) di Perancis. 

Ketua Umum UI Trail Runners, Donny Gahral menyampaikan, ajang lari trail bergengsi tingkat dunia itu berlangsung pada Agustus 2024 mendatang. Adapun tiga pelari alumni UI yang akan ikut serta dalam UTMB adalah Septiana Nia, Fikri dan Rilin. 

“Ultra-Trail du Mont-Blanc merupakan satu event yang bisa dikatakan olimpiadenya pelari trail dunia. Pesertanya dari berbagai negara dan ini bukan event yang sembarang karena melalui proses yang selektif dan harus mengumpulkan poin sebelumnya,” ujar Donny. 

Donny mengatakan, rute yang dilalui para peserta cukup berat. Sebab, mereka akan melintasi pegunungan Mont Blanc di perbatasan Perancis, Italia dan Swiss. Bisa dibilang, event bergengsi tersebut merupakan impian dari para pelari trail. 

“Jadi kami mohon doa dan support dari pak Menpora untuk atlet kita yang mana dari alumni UI mengikuti ajang UTMB. Kita bangga bahwa mereka akan mengharumkan nama bangsa di ajang tersebut,” terangnya. 

Disamping itu, Donny juga menjelaskan pihaknya akan menyelenggarakan kegiatan BOB Forest Run 2024 pada September yang akan datang. Menurutnya, kegiatan itu bagian dari ajang untuk pembinaan atlet lari trail UI. 

“Jadi event BOB Forest Run ini tak hanya diikuti alumni UI saja, juga terbuka untuk umum. Semoga dari sini akan lahir atlet-atlet yang nantinya bisa mengharumkan nama bangsa. Target pesertanya nanti lebih dari seribu,” imbuhnya. 

Menpora Dito merespons baik pemaparan yang disampaikan oleh Donny. Kemenpora akan mendukung penuh dan berharap para atlet bisa mendapatkan hasil yang terbaik. 

“Kita sambut baik lah ini, jadi kita akan dukung. Nanti dikoordinasikan saja,” pungkas Menpora Dito. (jef)

author avatar
arif dengar.id

Komentar