Tutup Lomba Pacuan Kuda, Menpora Dito Sebut Terus Perkuat Komitmen Kemenpora Terhadap Pengembangan Olahraga dan Pariwisata

Kebumen: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menutup secara resmi Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Menpora Cup dan Bupati Kebumen Cup Tahun 2024 di Lapangan Pacuan Kuda, Desa Tegalrejo, Ambalresmi, Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (16/4) siang.


Sebelumnya, Menpora Dito bersama Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Bupati Kendal 
Dico M.Ganinduto menyaksikan final Kelas Terbuka 2000 M dan sekaligus menyerahkan piala kepada juara pertama Lomba Pacuan Kuda Piala Menpora Cup 2024.
Juara pertama diraih oleh kuda bernama Duta Soraya. Juara kedua di raih oleh kuda Little Rabbit dan juara tiga diraih kuda Sabitzer Nagari. Pada Kelas Terbuka 2000 M tersebut total uang pembinaan Rp 11 juta.


Menpora Dito Ariotedjo mengapresiasi kepada Bupati Arif Sugiyanto yang menginisiasi  Lomba Pacuan Kuda Piala Menpora Cup dan Bupati Kebumen Cup Tahun 2024. Menurutnya, kehadiran dirinya untuk memperkuat komitmen Kemenpora terhadap pengembangan olahraga dan pariwisata.

“Kami mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, dan seluruh jajaran yang terlibat dalam penyelenggaraan event ini. Tak luput juga pembinaan yang terus dilakukan oleh Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI) memberikan kontribusi nyata bagi pencapaian prestasi cabang olahraga berkuda di Indonesia,” ucapnya.


“Kehadiran kita di sini bukan hanya sekadar untuk menyaksikan perlombaan, tetapi juga untuk merayakan keberhasilan dan memperkuat komitmen kita terhadap pengembangan olahraga, pariwisata, dan ekonomi lokal,” tambahnya.


Menurutnya, olahraga berkuda bukan hanya aktivitas fisik semata, tetapi juga sebuah budaya dan kearifan lokal yang perlu dilestarikan dan dikembangkan. 


“Saya percaya bahwa event ini bukan hanya menjadi ajang perlombaan, tetapi juga kesempatan bagi kita untuk memperkaya budaya dan tradisi kita. Dengan terselenggaranya event pacuan kuda ini, diharapkan roda perekonomian rakyat di Kebumen terus bergulir dan memberikan dampak positif,” katanya.


Bupati Kebumen Arif Sugiyanto sampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Menpora Dito untuk menyaksikan kedua kalinya lomba Pacuan Kuda Piala Menpora Kebumen Cup dan Bupati Kebumen Cup Tahun 2024. Ia pun berharap lomba pacuan kuda ini bisa melahirkan bibit-bibit berprestasi di kancah nasional maupun dunia.


“Saya sampaikan terima kasih kepada Menpora. Di tengah kesibukannya, apalagi dalam situasi Syawal tentunya beliau sedang berkumpul dengan keluarga tapi alhamdulillah, beliau bisa hadir di Kabupaten Kebumen untuk  menyaksikan langsung lomba pacuan kuda ini untuk yang kedua kalinya. Tentunya kita berharap lomba pacuan kuda ini  ke depannya bisa melahirkan para atlet-atlet berprestasi,” tuturnya. 

author avatar
arif dengar.id

Komentar