Untuk Kemajuan Industri Olahraga Nasional, Menpora Dito Dukung Olahraga Esports Berkembang

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mendukung olahraga esports berkembang untuk kemajuan industri olahraga nasional.

Hal itu disampaikan Menpora Dito usai menyaksikan Grand Final Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL ID) Season 13 Playoffs di Jakarta Internasional Velodrome, Minggu (9/6) sore. 

“Popularitas esports yang terus meningkat di Indonesia membuka banyak peluang untuk meraih prestasi dan mengembangkan industri kreatif olahraga di Indonesia,” kata Menpora Dito.

Menpora Dito juga mengatakan saat ini esport berkembang pesat di industri gaming Indonesia. Dan prestasi olahraga esport Indonesia juga cukup luar biasa.

 “Esports yang diakui sebagai cabang olahraga karena membutuhkan kecepatan, ketangkasan, dan strategi, sudah dipertandingkan di ajang nasional dan internasional seperti Asian Games 2018 dan SEA Games 2019,” tambahnya.

Menurut Menpora Dito, Kemenpora berkomitmen mendukung esports dalam industri olahraga nasional untuk pengembangan esports tahun ini, termasuk pelatihan dan kompetisi tingkat nasional.
Hal ini didukung dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional.

“Diharapkan kedepannya terdapat peningkatan jumlah pemain profesional esport dan para penonton esport semakin ramai. Karena dari tahun ke tahun kita tahu bahwa esports sangat diminati oleh generasi muda Indonesia.
Semoga seluruh rangkaian kegiatan ini berjalan lancar dan sukses,” ujarnya. 

Menpora Dito juga mengucapkan selamat dan semangat kepada dua tim perwakilan Indonesia yang akan berlaga di Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC) pada bulan Juli di Riyadh, Saudi Arabia. “Kami berharap mereka bisa membawa pulang prestasi yang membanggakan, dengan target minimal mencapai semifinal,” harapnya.

author avatar
arif dengar.id

Komentar