Komitmen Terhadap Literasi, SMPN 1 Cimalaka Kabupaten Sumedang Gelar Kegiatan Readathon

Dengar.id, SUMEDANG – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Cimalaka Kabupaten Sumedang, menunjukkan komitmennya terhadap literasi dengan menyelenggarakan kegiatan Readathon secara rutin setiap bulan, Sabtu (03/02/2024).

Kegiatan ini diawali dengan arahan dari para guru dan dilanjutkan dengan presentasi hasil bacaan siswa-siswi, menjadi langkah konkret dalam meningkatkan minat baca dan mengembangkan budaya literasi di sekolah.

Koordinator Literasi, Ai Heni Nurjanah menjelaskan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara berkala setiap minggu pertama dan ketiga.

“Fokus utamanya adalah menginspirasi minat dan semangat siswa untuk membaca,” ujarnya dikutip dari fajarnusantara.com.

Ai Heni menuturkan, bahwa menjadikan Readathon sebagai kebiasaan, diharapkan kebutuhan akan membaca akan tumbuh dan menjadi bagian integral dari budaya sekolah, mendukung pengembangan literasi dan pembelajaran.

“Dalam tahap pengembangan literasi, kegiatan membaca tidak hanya diikuti dengan kegiatan menulis, melainkan juga melibatkan siswa untuk merangkum, membuat sinopsis, resensi, atau review dari bacaan mereka,” paparnya.

Lebih lanjut ia, menyampaikan bahwa aktivitas ini dilakukan baik secara individu maupun kelompok di kedua kampus, yaitu Kampus 1 dan Kampus 2.

“Tak hanya terpaku pada Readathon, literasi di SMPN 1 Cimalaka juga mencakup pengembangan di bidang lain, termasuk karya tulis ilmiah, khususnya untuk siswa kelas 9,” tandasnya.

Terakhir Ai Heni berharap, melalui kegiatan literasi ini, minat baca siswa-siswi dapat meningkat secara signifikan, setidaknya mencapai tingkat yang memadai.

“Lebih dari itu, harapan mereka adalah bahwa melalui membaca buku, siswa-siswi dapat memperoleh pengetahuan yang lebih luas untuk mendukung perkembangan intelektual mereka,” imbuhnya.

author avatar
arif dengar.id

Komentar