Turnamen Bulutangkis Sumedang Open 2024 Akan Diikuti Open Nasional Atlet

SUMEDANG – Badminton lovers, siap-siap catat jadwal lengkap turnamen bulutangkis Sumedang Open 2024.

Kejuaraan rutin tahunan yang digelar induk bulutangkis Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ini akan diikuti open nasional atlet. Atlet-atlet ini, akan mulai bertanding pada 6 s/d 11 Mei mendatang.

Pada kejuaraan ini, ada tiga kategori yakni Kategori Umur Tunggal terdiri dari Tunggal Usia Pra Dini Putra/i, Tunggal Usia Dini Putra/i, Tunggal Usia Anak-anak dan Tunggal Usia Pemula Putra/i, Tunggal Usia Remaja Putra/i.

Selanjutnya, Kategori Usia Ganda yakni Ganda Usia Anak-anak Putra/i ,Ganda Usia Pemula Putra/i dan Ganda Remaja Putra/i. Terakhir, Kategori Dewasa yakni Ganda fun non atlet dewasa putra.

“Khusus untuk Kategori Ganda Dewasa Putra ini untuk sport happy fun saja, jadi pemainnya non atlet yang dibuktikan dengan tidak terdaftar pada sistem SI PBSI dan bukan merupakan mantan atlet,” kata Ketua Penyelenggara PBSI Sumedang Open 2024, Dicky Ramdan Budiansyah pada media ini, Sabtu (13/04/2024).

Dikatakannya, turnamen yang diadakan di GOR Sampurna dan Gor Setia Sumedang ini terdiri dari 16 kategori putra putri dan satu kategori dewasa.

“Mereka akan memperebutkan trofi PBSI Sumedang dan besaran hadiahnya Rp80 juta,” jelasnya.

Adapun gambaran pesertanya, lanjut pria yang sudah lima kali dipercaya sebagai penyelenggara turnamen ini, tahun sebelumnya 700 peserta dan tahun ini ditargetkan sekitar 700 an hingga 800.

“Target pesertanya harus lebih dari tahun sebelumnya yakni di atas 700,” ujarnya.

Optimistis itu didapat, lanjut Dicky, karena didukung beberapa aspek seperti, adanya penambahan jumlah hadiah, fasilitas yang lebih memadai, dekorasi dan hiburan selama kegiatan serta perkembangan insan atlet bulutangkis yang semakin baik.

“Kami melihat ada animo dan progres yang positif dari para pebulutangkis yang ada baik yang dari Jawa Barat hingga secara nasional. Mereka melihat ajang ini sebagai lompatan mereka menuju atlet profesional dan ajang menjaring atlet-atlet nasional Indonesia. Karena setiap tahun, yang menjadi jawara disini sukses masuk di Pelatnas dan berlaga ke Kejuaraan internasional,“ paparnya.

Terakhir, kang dicky berharap, turnamen ini bisa terus digelar setiap tahun dan terus ditingkatkan kualitasnya sebagai sarana penjaringan atlet berkualitas, profesional dan go internasional.

“Semoga kejuaraan yang digelar secara beruntun sejak tahun 2017 ini terus dipertahankan, terus ditingkatkan level dan kualitas penyelenggaraanya serta mampu melahirkan jawara-jawara baru di dunia bulutangkis,” imbuhnya.

author avatar
arif dengar.id

Komentar