Turnamen eFootball Bertajuk AFC eAsian Cup di Qatar, Timnas Indonesia Berhasil Torehkan Prestasi Keluar Menjadi Juara

Dengar.id, JAKARTA – Tim Indonesia menjadi juara Piala Asia eFootball 2023 atau AFC eAsian Cup yang digelar di Qatar. Usai mengalahkan Timnas Jepang dalam drama adu penalti dengan skor 3-2.

Tim eFootball Indonesia diperkuat oleh tiga orang atlet, yakni Rizky Faidan, Akbar Paudie dan Elga Cahya.

Dalam pertandingan finalfinal yangterjadi pada Senin, 5 Februari 2024. Indonesia mengalahkan Jepang dalam format laga dua leg, seperti yang disiarkan kanal Youtube AFC Asian Cup.

Pada leg pertama pertandingan itu, Indonesia dengn Jepang sama-sama imbang dengan skor 1-1. Kemudian, melanjutkan pertandingan melalui adu penalti dengan skor akhir 3-2.

Pada leg kedua, Indonesia yang menurunkan Elga dan Faidan kembali mempecundangi lawannya dengan skor 1-0.

Keberhasilan tim eFootball Indonesia menggondol gelar juara mendapat apresiasi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Kemenpora menyampaikan, apresiasinya dalam unggahan akun media sosial resminya, termasuk pada X.

“JUARA eAsianCup. Selamat tim efootball Indonesia,” cuit @KEMENPORA_RI disertai emotikon api simbol semangat.

Tak lupa, Kemenpora turut memajang wajah ketiga atlet, Rizky Faidan, Akbar Paudie dan Elga Cahya pada ilustrasi yang dibuatnya.

Turnamen eFootball yang bertajuk AFC eAsian Cup digelar di Qatar, bersamaan dengan kejuaraan Piala Asia 2023.

Sistem grup peserta eFootball dibuat mirip dengan kejuaraan Piala Asia yang masih berlangsung.

Namun, tidak semua tim Piala Asia 2023 turut mengirim atlet untuk ajang AFC eAsian Cup. Sama seperti Piala Asia 2023, Indonesia segrup dengan Jepang dan Vietnam di grup D.

Bedanya, Irak tidak ikut mengirim atletnya dalam turnamen eFootball.
Dalam perjalananya pada ajang AFC eAsian Cup tahun ini sangat fenomenal. Indonesia tampil digdaya sebagai juara grup dengan koleksi 9 poin.

Di babak 16 besar, Indonesia hempaskan Korea Selatan dua leg dengan skor agregat 4-0. Rizky Faidan cs tunjukkan tajinya di babak 8 besar dengan membantai Uni Emirat Arab dalam dua leg dengan skor agregat 12-1.

Pada laga semifinal, Indonesia bertemu dengan Thailand. Menghadapi rival dari Asia Tenggara, Indonesia menang agregat 3-1.

Dan, pada laga final, Indonesia menutup perjalanannya dengan gemilang usai keluar sebagai pemenang setelah kalahkan Jepang.

author avatar
arif dengar.id

Komentar