oleh

Bupati Dompu Ajak Ormas Kawal dan Sukseskan Program ‘JARAPASAKA’

Dengar.id, NTB – Bupati Dompu ‘Aby’ Kader Jaelani (AKJ) menghadiri kegiatan Peran Strategis Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) sebagai Mitra Kerja Pemerintah menuju Kemandirian Masyarakat tingkat Kabupaten Dompu, di Gedung PKK, Kamis (7/4/2022).

Kegiatan ini dihadiri Kepala DPM-PD, H. Moh. Syaiun, SH. M.Si,Inspektur Inspektorat, Hairuddin, SH, Para Camat, Ketua dan Pengurus LPM Tingkat Kabupaten Dompu dan ditingkat Desa/kelurahan berjalan dengan aman dan lancar.

judul gambar

Dalam sambutannya, AKJ mengatakan dirinya sadar akan pentingnya dukungan lembaga kemasyarakat dalam mewujudkan pembangunan daerah.

Menurutnya, sebuah pemerintah tidak akan berjalan dengan baik bila tidak didukung oleh elemen masyarakat maupun organisasi kemasyarakatan lainya.

”Untuk itu saya mengajak semua organisasi masyarakat, agar dapat mengambil bagian untuk ikut berpartisipasi aktif dalam membangun daerah ini, ujarnya.

Khusus untuk LPM, Bupati menjelaskan, perannya sudah tidak diragukan lagi dalam membangun Dompu. Khususnya mewadahi, memotivasi serta mengajak masyarakat desa/kelurahan untuk menjadi berdaya dan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa.

”Sekali lagi, mari kita terus mengawal dan mendukung visi-misi pembangunan ’Bumi Ngahi Rawi Pahu’ melalui program JARAPASAKA’ (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan) menuju DOMPU MASHUR (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius),” ajaknya.

Politisi NasDem ini menambahkan, dalam mendukung visi-misi daerah tersebut, sangat diperlukan eksistensi dari semua pihak minimal melahirkan sebuah gagasan dan pemikiran yang mengarah kepada perubahan yang lebih maju.

”Apalagi di era globalisasi yang menuntut tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas dan handal untuk meraih dan memenangkan persaingan yang semakin ketat saat ini,” paparnya.

Dalam kesempatan itu pun, AKJ secara langsung mengajak Ketua dan Pengurus LPM untuk membantu pemerintah membangun kemandirian masyarakat melalui program Jarapasaka serta bersama aparat keamanan untuk tetap menjaga konduktifitas  di lingkungan masyarakat termasuk mengatasi berbagai permasalahan sosial  dan menjaga lingkungan dari peredaran narkoba.

“Dukung dan kawal pembangunan pemerintah desa dalam menjalankan tugas dan mari ciptakan kereativitas yang positif dan membangun nilai kearifan lokal di tengah-tengah masyarakat,” imbuhnya.

Terakhir, Bupati mengajak kepada masyarakat untuk memberikan pandangan-pandangan yang konstruktif dan membangun sehingga Dompu kedepan akan lebih baik dan kesejahteraan masyarakat yang diidam-idamkan bersama dapat tercapai.

“Artinya kita jangan hanya bisa mengkritik setiap permasalahan yang terjadi, tetapi sebaliknya kita harus bisa memberikan solusi yang terbaik lebih-lebih untuk kemajuan daerah ini,” pungkasnya.

Komentar