oleh

Di Titik Nol IKN, Presiden Jokowi Pimpin Ritual Kendi Nusantara

Dengar.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo melakukan ritual Kendi Nusantara atau ritual Tanah dan Air di Titik Nol Ibu Kota Negara, Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (14/03/22).

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan, bahwa kehadiran seluruh Gubernur se-Nusantara dengan membawa tanah dan air dari seluruh provinsi menjadi bentuk gambaran keberagaman sekaligus kebhinekaan Indonesia.

judul gambar

“Saya hadir disini bersama 34 Gubernur dari 34 provinsi di seluruh Tanah Air bersama 15 tokoh masyarakat dari Kalimantan Timur,” katanya.

Dikatakannya, penyatuan air dan tanah dari 34 provinsi Indonesia di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara memiliki makna tersendiri.

“Ini merupakan bentuk dari kebhinnekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita, dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini,” ujar Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu mewujudkan cita-cita pembangunan Otorita IKN.

Ia berharap dukungan terhadap pembangunan Otorita IKN dapat terus mengalir dari berbagai instansi dan masyarakat.

“Mudah-mudahan kita berdoa semoga hidayah dan barokah dari Allah SWT memberikan kemudahan dan kelancaran kita dalam membangun Ibu Kota Nusantara ini,” kata Jokowi.

Diketahui, tanah dan air yang disatukan dalam Kendi Nusantara itu dibawa oleh para gubernur dari 34 Provinsi se-Indonesia. Tanah dan air tersebut diambil dari tempat yang dianggap menggambarkan kekhasan dan kearifan lokal daerah masing-masing atau memiliki histori kekayaan dan keragaman hayati.

Komentar