oleh

DPPPA Dompu Gelar Workshop Pengarusutamaan Gender

Dengar.id, NTB – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Dompu menggelar kegiatan workshop Pengarusutamaan Gender (PUG) tingkat Kabupaten tahun 2022, di gedung Dharma Wanita, Kamis (7/4/2022).

Acara ini dihadiri Ketua GOW Kabupaten Dompu Hj. Sitti Faridah H. Syahrul Parsan, Ketua Bhayangkari Cabang Dompu Alma Iwan Hidayat, Kepala DPPPA Hj. Daryati Kustilawati, beserta jajarannya, Ketua Pokja PUG diwakili Kabid Sosbud Bappeda dan Litbang serta para pejabat OPD yang tergabung dalam anggota pokja PUG.

judul gambar

Kepala DPPPA Kabupaten Dompu Hj. Daryati Kustilawati, SE, M.Si mengatakan, bahwa di Kabupaten Dompu masih terjadi ketimpangan gender.

”Hal ini terlihat bahwa data keterwakilan perempuan dalam berbagai bidang masih belum proporsional. Untuk itu melalui program PUG ini diharapkan mampu mendongkrak partisipasi perempuan dalam segala bidang guna mendukung keberhasilan pembangunan,” katanya.

Dikatakannya, pada tahun 2021 lalu Kabupaten Dompu telah meraih penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) utama, yang mana mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya pada tingkat madya.

”Peningkatan ini merupakan hasil kerjasama seluruh komponen dalam mendorong perencanaan dan pelaksanaan program pengarusutamaan gender yang ditandai dengan pencapaian komponen kunci APE yaitu komitmen pemerintah daerah yang dibuktikan dengan tersedianya perda, dokumen perencanaan PUG, kelembagaan PUG, SDM dan anggaran, PPRG dan gender analisia, pedoman dan metode pelaksanaan PUG serta peran serta masyarakat,” jelas Umi Yati sapaan akrab Kepala DPPPA Dompu.

”Semoga untuk evaluasi APE tahun berikutnya mengalami peningkatan,” harapnya.

Usai dibuka secara resmi, acara ini dilanjutkan dengan pemberian materi oleh beberapa narasumber. Narasumber pertama Kabid Sosbud Bappeda dan Litbang membawakan materi PUG dalam perencanaan pembangunan Daerah.

Selanjutnya, Kabid Kelembagaan dan PUG DPPPA yang membahas tentang evaluasi PUG di Kabupaten Dompu. Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.

Komentar