oleh

Dukung PSSI, Menpora Amali Ingatkan Tetap Jadi Tuan Rumah yang Baik

Dengar.id Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mendukung langkah Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang melayangkan surat protes kepada AFF terkait pertandingan Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022. 

Menurutnya, apa yang yang dilakukan PSSI sebagai federasi sepakbola Indonesia tersbut sudah melalui pertimbangan yang matang. 

judul gambar

“Ya, terserah federasi aja. Federasi yang bisa mempertimbangkan itu semua. PSSI itu ada target-target yang harus dicapai sehingga target itu dapat tercapai apabila mereka mengikuti kompetisi yang mana. Jadi, terserah apa yang menjadi keputusan PSSI, berarti itu sudah dihitung secara matang. Apapun keputusan PSSI, kita dukung,” ujar Menpora Amali kepada wartawan di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan Jakarta Pusat, Selasa (12//7) sore. 

Menpora Amali memaklumi kekecewaan yang dirasakan para suporter dan masyarakat Indonesia dengan aturan head to head yang diterapkan dalam kompetisi Piala AFF U-19 2022. Namun menurutnya, sebagai tuan rumah Indonesia harus menunjukan tuan rumah yang baik. 

“Saya kira kita harus tunjukkan bahwa kita boleh kecewa dengan hasil. Tetapi sebagai tuan rumah ya sudah nonton aja. Kita tunjukkan bahwa kita sebagai tuan rumah yang baik. Harus terima. Karena regulasi yang sudsh disepakati kan memang seperti itu, soal head to head kalau itu yang mau dikoreksi ya koreksi setelah  selesai,” ucapnya. 

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyampaikan akan melayangkan surat protes kepada AFF terkait pertandingan Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022. 

Dalam pertandingan tersebut Vietnam dan Thailand dinilai sama-sama tidak berniat mencetak gol setelah skor 1-1 sudah cukup untuk memuluskan keduanya lolos ke semifinal dengan hasil imbang. 

Sementara hasil imbang Vietnam vs Thailand secara otomatis membuat Indonesia gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022, meski pada laga terakhir tim Garuda Nusantara menang 5-1 atas Myanmar. 

Indonesia kalah head to head dari Vietnam dan Thailand dalam klasemen kecil di Grup A. Itu karena Indonesia hanya bermain 0-0 melawan Vietnam dan Thailand. Sedangkan laga Vietnam vs Thailand berakhir dengan skor 1-1.

Komentar