oleh

Festival Kreatifitas Pemuda di Sumedang, Kemenpora : Ini Pijakan Awal Meningkatkan Produktifitas Pemuda Jabar

Dengar.id, JABAR – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar festival kreativitas pemuda 2022 di Alun – alun Kota Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (03/09/2022).

Dalam sambutannya, Kemenpora Zainudin Amali melalui Deputi Pemberdayaan Pemuda , Faisal Abdullah, mengatakan kegiatan festival kreativitas pemuda merupakan pilot project atau proyek percontohan Kemenpora, dan pijakan awal dalam meningkatkan produktivitas pemuda di Provinsi Jawa Barat secara umum.

judul gambar

Sebab kata Faisal, indeks pemberdayaan pemuda di Provinsi Jawa barat termasuk Kabupaten Sumedang mengalami kemerosotan.

“Jawa barat, salah satu provinsi di tahun 2021 menempati urutan 34. Luar biasa Jawa Barat ini. Ini tantangan bagi Jawa Barat, termasuk Kabupaten Sumedang tentunya,”ujar Faisal.

Di sisi lain, kegiatan ini diharapkan menjadi panduan masih – masing pemerintah baik provinsi, kabupaten/ kota seluruh Indonesia dalam upaya memacu semangat kreatifitas pemuda menuju Indonesia emas 2045.

Kendati demikian, Faisal menerangkan bahwa festival kepemudaan diprioritaskan terhadap kota tertentu yang indeks pembangunan pemudanya mengalami penurunan.

“Seperti kemarin di Lampung dan terakhir nanti di Kota Gorontalo dengan kegiatan yang sama. Dan di Gorontalo itu adalah kegiatan yang skala nasional,”katanya.

Faisal meyakini, koordinasi dan sinergitas yang baik antar stakeholder terkait dalam mewujudkan pemuda Indonesia yang tangguh dan berdaya saing dapat tercapai.

‘Kita banyak program dan tentunya kita membagi baginya sesuai dengan target untuk mencapai 2045 kegiatan kepemudaan ini menjadikan pemuda yang sebagaimana kita harapkan bersama,”terangnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang, Bambang Rianto mengucapkan terima kasih atas dukungan Kemenpora sehingga kegiatan festival kreativitas pemuda dapat digelar di Sumedang.

Menurutnya, kegiatan tersebut tak lain untuk mengentaskan pengangguran, kemiskinan, dan memberikan wadah produktivitas khususnya para pemuda dan pemudi.

“Gerai UMKM yang turut berpartisipasi juga para pelakunya dari kalangan pemuda – pemudi di Kabupaten Sumedang,” ungkapnya.

“Mudah – mudahan, apa yang diharapkan Kemenpora dan Pemprov Jawa Barat dan kami di Kabupaten Sumedang dapat menyelesaikan kemiskinan dan pengangguran sehingga kesejahteraan masyarakat tercapai,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, panitia juga menampilkan kesenian budaya lokal mulai pertunjukan alat musik tradisional songah kreatifitas bambu hingga tarian Jayengrana. Sekaligus dimeriahkan gerai – gerai UMKM dan lomba lainya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya, Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora, Ibnu Hasan, Kadispora Jabar diwakili Kepala Bidang Layanan Kepemudaan Dispora Jawa Barat, Ketut Wiriada dan unsur Forkopimda lainya.

Komentar