oleh

FJPI Organisasi Jurnalis Perempuan Pertama di NTB Dikukuhkan

Dengar.id, NTB – Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Nusa Tenggara Barat (NTB) periode 2022-2025 dikukuhkan di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB, Senin (07/03/22).

Pelantikan dan pengukuhan pengurus FJPI NTB ini, berdasarkan SK Nomor 001/SK/FJPI Pusat/III/2022. FJPI NTB diketuai Linggauni dari IDN Times, Sekretaris Yuyun Erma Kutari, Bendahara Fatmawati dengan pembina Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah dan Hj Husnanidiaty Nurdin.

judul gambar

Pengukuhan organisasi jurnalis pertama di NTB ini, dilakukan oleh Ketua Umum FJPI Pusat, Uni Zulfiani Lubis dan disaksikan langsung Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah.

Ketua Umum FJPI Uni Zulfiani Lubis dalam sambutannya, mengatakan dengan telah dilantiknya pengurus FJPI NTB, maka telah terbentuk 14 cabang FJPI di Indonesia.

“FJPI sangat aktif dalam menggelar kegiatan setiap bulan. Seperti pelatihan jurnalistik serta pelatihan tentang kesehatan mental hingga cara meliput pandemi,” katanya.

Hanya saja, selama ini setiap ada kegiatan pelatihan jurnalistik, wartawan laki-laki lebih mendominasi sebagai peserta. Padahal di lapangan ada banyak wartawan perempuan.

“Alasan itulah, saya menggelar pelatihan dengan mengkhususkan dihadiri jurnalis perempuan. Tujuannya, untuk menciptakan jurnalis perempuan yang berintegritas dan profesional,” katanya lagi.

Sementara itu, Gubernur NTB H Zulkieflimansyah mengapresiasi kehadiran FJPI NTB.

Gubernur mengatakan, zaman boleh berubah, media pun terus berkembang namun di sisi lain perempuan harus mampu menggali potensi yang dimiliki di daerah.

“Misalnya pemberitaan mengenai perempuan-perempuan inspiratif, bagaimana perempuan NTB menunjukkan keramahtamahan yang perlu diekspos ke mata dunia,”  katanya.

Sementara Ketua FJPI NTB Linggauni mengatakan, keberadaan FJPI sangat penting dalam kinerja jurnalis perempuan selama bertugas serta dapat mengawal kebijakan pemerintah khususnya dalam hal perlindungan terhadap perempuan dan anak.

“FJPI merupakan organisasi yang bukan termasuk dalam konstituen Dewan Pers. Sehingga semua jurnalis perempuan bisa bergabung meski sudah bergabung dengan organisasi lainnya,” katanya.

Seusai pelantikan kegiatan dilanjutkan dengan talkshow Ketua Umum FJPI bersama seluruh pengurus dan anggota FJPI NTB. Talkshow nya bertema Perempuan di Ruang Redaksi yang dipandu oleh Jurnalis RRI Mataram yang juga Bendahara FJPI NTB, Fatmawati.

Diketahui, acara ini dihadiri Mantan Kepala DP3AP2KB Provinsi NTB, Hj. Husnanidiaty Nurdin dan Ketua IWAPI NTB, Hj. Baiq Diah Ratu Ganefi dan lainnya.

Komentar