oleh

Fornas VI 2022 Resmi Ditutup di Arena Dayung Jakabaring Sport City

Dengar.id, Palembang – Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI 2021 Sumatera Selatan resmi ditutup di Arena Dayung Jakabaring Sport City, Palembang, kamis 7-7-2022 oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru.

Penutupan Fornas VI ditandai pelepasan anak panah ke target oleh Gubernur Sumsel Herman Deru yang langsung disambut dengan gegap gempita pesta kembang api dan juga penyerahan dari Museum Rekor Indonesia mendatangkan peserta penggiat olahraga terbanyak.

judul gambar

Ketua KORMI Nasional, Hayono Isman memberikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sumsel, Kemenpora dan semua panitia pelaksana yang sudah sukses menjadi tuan rumah Fornas 2021 Sumsel 2022. 

“Luar biasa, ini merupakan Fornas yang berbeda dan sangat berkesan, bukan hanya acara pembukaan yang sangat meriah, tetapi saya sangat mengapresiasi acara penutupan ini membuat kami kaget 2 kali,” kata Hayono.

Hayono juga menambahkan, gelaran Fornas VI ini menjadi tolak ukur yang akan diingat pada 2045 Indonesia Emas, dimana olahraga rekreasi olahraga masyarakat akan menjadi titik puncak prestasi Indonesia.  “Terima kasih juga kepada Kemenpora atas semua dukungan dalam setiap penyelenggaraan Fornas,” tambahnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Menpora yang diwakilkan oleh Staf Ahli Bidang Hukum, Syamsudin. Dalam sambutannya ia mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel, Ketua Korminas, dan Ketua Korminas Sumsel serta seluruh pihak yang mendukung acara ini. “Saya mewakili Pak Menpora menyampaikan salam kepada semuanya, mohon maaf beliau tidak bisa menghadiri acara penutupan ini,” katanya.

Menurut Syamsydin, Gubernur Sumsel dan Korminas telah sukses dan berhasil melaksanakan UU Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan dan Perpres Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional bahwa olahraga masyarakat berperan penting, bisa disaksikan dengan banyaknya penggiat olahraga yang berpartisipasi dan gembira, pemerintah akan terus mendukung dan menjadi indikator dalam pembangunan olahraga di Indonesia.

Gubernur Sumsel, Herman Deru menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Sumsel dan kota Palembang sudah menjadi tuan rumah yang baik dan ramah turut mensukseskan Fornas, “Saya juga berterima kasih kepada Kemenpora, Korminas, dan seluruh sponsorhip yang telah membantu dan dukungannya Provinsi Sumsel bisa menjadi tuan rumah dalam gelaran Nasional”.

Lanjutnya, “Terima kasih kepada penggiat olahraga yang beraprtisipasi sebanyak 12.100 orang, ini merupakan tanda pertumbuhan ekonomi Sumsel. Luapan kegembiraan pelaku usaha dan masyarakat Sumsel menjadi yang hal yang bermakna dalam penyelenggaraan FORNAS kali ini,” ujarnya.

“Atas nama pelaku usaha yang terlibat FORNAS ke-VI penyelenggaraan ini mungkin jauh berbeda dan sebelum-sebelumnya, namun maknanya bukan hanya gemerlap panggung opening dan closing tapi antusias masyarakat yang menunjukkan luapan kegembiraan,” katanya. 

Acara penutupan Fornas berlangsung meriah dengan disaksikan oleh ribuan penonton yang memadati arena tribun Venue Dayung JSC.

Acara yang dipandu oleh presenter dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diiringi marching band di bawah naungan PT Pupuk Sriwijaya  setelah itu acara menampilkan defile 56 Induk Organisasi.

Kemeriahan penutupan Fornas juga menampilkan 100 orang tarian kolosal  yang mengiringi atraksi dari induk organisasi karate, bmx dan cheersleader dengan menyanyikan themesong Fornas 2021 Sumsel 2022.

Selanjutnya penampilan tarian tradisional Jawa Barat dan penyerahan bendera Korminas dari Gubernur Sumsel kepada Perwakilan Gubernur Jabar yang diwakili oleh Kadispora Jabar sebagai simbol estafet menjadi tuan rumah Fornas VIII.

Sebagai penutup, penonton menyaksikan penampilan penyanyi Bams dan Wali Band menutup acara Fornas Sumsel.

Komentar