oleh

Gandeng Investor Finlandia, NTB Bangun Pabrik Bata Berbahan Plastik

Dengar.id, NTB – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) berhasil menggandeng investor asal Finlandia, membangunan Pabrik batu bata berbahan baku sampah plastik di Banyumulek, Lombok Barat, Selasa (8/2/2022).

Pabrik Block Solutions oleh Classroom of Hope (COH) ini, akan menjadi sejarah karena merupakan yang pertama di Indonesia sekaligus di Asia.

judul gambar

”Kami ingin memastikan green energy dan green tourism, adalah keharusan. Ini adalah masa depan untuk NTB,” ungkap Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah saat peletakan batu pertama pembangunan pabrik bersama Duta Besar Finlandia, Jari Sinkari.

Gubernur yang akrab disapa Bang Zul ini menjelaskan, peletakan batu pertama (groundbreaking) ini adalah tahapan pembangunan awal.

“Insya Allah jika pabrik ini sudah jadi, maka kebutuhan bahan baku sampah-sampah plastik yang kerap menjadi masalah akan menjadi berkah bagi masyarakat NTB,” jelasnya.

Gubernur lulusan Doktor ekonomi industri ini, mengimbau warnya NTB agar mendoakan investasi senilai 2,3 juta euro tersebut berjalan akan lancar.

”Kita sangat bersahabat dengan investor, jika ada kendala, hubungi kami. Kami akan memberikan solusi terbaik,” paungkasnya.

Senada dengan Gubernur, Wagub NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menjelaskan, bahwa pembangunan Block Solutions ini adalah jawabannya dari berbagai masalah lingkungan di NTB juga menjadi bentuk nyata implementasi Program unggulan NTB Hijau dan NTB Zero Waste.

“Jika sudah jadi pabriknya, maka plastik-plastik bisa menjadi bahan baku. Ini luar biasa. Dengan hadirnya pabrik ini juga menjawab SDGs, yakni masalah lingkungan, pemberdayaan masyarakat, dan yang lainnya,” paparnya.

Ummi Rohmi mencontohkan, pembangunan dari bata plastik yang telah dibangun di NTB yakni di SDN 04 Medas Lombok Barat.

“Produknya itu bata plastik. Contohnya sudah ada. Sekolah dan rumah terbuat dari bata plastik,” tutupnya.

Sementara itu, Dubes Finlandia Jari Sinkari, mengaku bahagia sekaligus bangga kerjasama Finlandia dan Indonesia selama ini berjalan baik.

Terlebih dikesempatan ini NTB akan membangun dengan tujuan mulia. ”Banyak hal yang bisa kita kerjakan bersama dan ini adalah pekerjaan bersama, bagaimana kita menjadikan dunia tempat yang lebih baik” tutupnya.

Komentar