oleh

Guru Ngaji, Imam dan Dewan Masjid di Lotim Dapat Honor

Dengar.id, NTB – Berkah Ramadan 1443 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) akan membayarkan honorarium untuk guru ngaji, imam, dan dewan masjid.

“Untuk guru ngaji total anggaran akan yang digulirkan mencapai Rp.6 miliar, Imam Masjid sekitar Rp.1 Miliar lebih dan Dewan masjid sebesar Rp.100 juta. Sumbernya dari APBD 2022.” kata Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan rakyat Lotim Huzaefah, Rabu (6/4/2022).

judul gambar

Dikatakannya, saat ini terdapat 1.650 guru ngaji sedangkan imam dan dewan masjid merupakan yang berada di masing-masing kecamatan.

“Pendataan guru ngaji, imam dan dewan masjid  sudah dilakukan jauh hari, berdasarkan surat yang dikeluarkan dan diteruskan ke Kepala Desa dan Dusun masing-masing. Sebab yang mengetahui keberadaan guru ngaji tentunya Pemerintah paling bawah, jelasnya.

Huzaefah menuturkan, pembayaran honor tersebut dihitung persatu bulan dengan besaran Rp.250 ribu, dengan waktu pemberian setiap enam bulan sekali sehingga totalnya 1,5 juta rupiah. “Kali ini dibayar bertepatan dengan bulan puasa ini,” ujarnya.

Huzaefah menambahkan, dengan honor tersebut diharapkan dapat memberikan peningkatan kesejahteraan terutama bagi guru ngaji yang selama ini rata-rata tidak memiliki penghasilan tetap. “Honorarium ini membantu dan meringankan kebutuhan hidup para penerima, lebih-lebih kepada para guru ngaji,” pungkasnya.

Komentar