oleh

Haji Furoda itu Apa?

Dengar Indonesia – Bagi warga negara Indonesia terutama yang beragama Islam, perjalanan haji adalah impian yang paling dinanti-nantikan.

Pasalnya, perjalanan ibadah yang menyempurnakan iman seorang muslim ini sangat mahal dan jarang bisa dilakukan oleh kelompok mayoritas Agama Islam ini.

judul gambar

Berdasarkan Surat Ali-Imran : 97, “Menunaikan haji adalah kewajiban manusia kepada Allah, yaitu bagi orang yang mampu mengadakan perjalanan ke Baitullah”.

Ibadah haji pun merupakan rukun Islam yang kelima, sehingga bagi siapapun yang dapat melaksanakannya, diharapkan ia telah menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.

Namun, ternyata perjalanan ibadah menuju Masjidil Haram ini memiliki berbagai macam paket haji yang ditawarkan oleh jasa travelling (pelaku perjalanan) kepada umat Islam. Dan, kini publik Indonesia Haji Furoda. Berikut ulasannya :

Penjelasan Apa Itu Haji Furoda ?

Haji furoda adalah pelaksanaan haji yang mana visanya merupakan undangan langsung dari pemerintah kerajaan Arab Saudi. Visa dikeluarkan oleh setiap kedutaan negara tanpa menunggu antrian.

Sehingga ringkasnya, dapat dikatakan bahwa haji furoda merupakan pelaksanaan haji yang tidak perlu menunggu antrian karena pelaksanaan haji furoda tidak termasuk ke dalam pelaksanaan haji reguler maupun haji khusus. Ingin tahu apa saja fasilitas, biaya, syarat, dan cara daftar haji furoda? Penjelasannya ada di bawah ini.

Fasilitas Haji Furoda

Kelebihan kedua yang termasuk ke dalam fasilitas unggul dari haji furoda adalah masa tunggunya tidak selama masa tunggu haji lainnya yang mana umumnya harus mengalami masa tunggu 10 sampai 15 tahun. Haji furoda dapat dilaksanakan pada tahun yang sama ketika Anda menerima visa dari pemerintah Arab Saudi.

Rincian fasilitas haji furoda bisa berupa antara lain:

  1. Hotel Mekkah (Bintang 5/4)
  2. Hotel Madinah (Bintang 5/4)
  3. Maktab VIP 73/Maktab Khusus Haji Furoda (Jarak dekat ke Jamarat tempat lontar jumrah)
  4. Visa Haji Furoda (Visa Haji Mujamalah Resmi terdaftar di sistem e-Hajj Online Arab Saudi dengan Tasreh/Izin untuk berhasji)
  5. Muthowif sesuai Sunnah Berpengalaman mendampingi jemaah program Haji Furoda
  6. Executive Lounge Soekarno-Hatta
    Ziarah dan City Tour Mekkah, Madinah, Jeddah
  7. Makan Menu Indonesia 3 X sehari
  8. Air Zamzam 5 liter
  9. Bagasi 23 kg x 2Bus AC selama perjalanan
  10. Manasik Haji sesuai sunnah
  11. Tiket Pesawat Saudi Airlines (Direct) PP
  12. Hotel Mekkah-Madinah Quad/sekamar 4 orang
  13. Tenda ber-AC di Arafah dan Mina
    Handling Bandara Indonesia dan Arab Saudi In Out
  14. Manasik Haji 3X
  15. Buku Manasik HajiFree Tahalul

Biaya Haji Furoda

Jika dilihat dari penjelasannya dan juga keistimewaan visa yang diperoleh jamaah haji furoda, tentunya biaya haji furoda berbeda jauh dengan biaya haji reguler. Harganya tiga kali lipat harga haji reguler karena tidak ada masa tunggu untuk keberangkatan. Di tambah lagi, fasilitas lainnya dijamin oleh Kerajaan Arab Saudi selama Anda di Mekkah Madinah.

Sedangkan jika menilik laman website hajifuroda.id, biaya haji furoda minimal adalah $15.500 atau setara dengan IDR 229,6 juta. Biaya tersebut bisa berubah tergantung. Perubahan harga bisa jadi terpengaruh oleh adanya inflasi keuangan.

Cara Daftar Haji Furoda

Sementara itu mengenai cara daftar haji furoda dijelaskan dalam laman pusathajiumroh.id, sebagai berikut:

  1. Menghubungi nomor marketing penyedia jasa haji furoda, contoh kasus menghubungi marketing online pusat haji umroh Indonesia
  2. Anda akan mendapatkan penjelasan detail paket keberangkatan haji furoda.
  3. Apabila setuju, Anda akan mendapatkan kiriman invoice haji furoda dari penyedia jasa haji furoda secara resmi
  4. Anda membayar DP sesuai dengan petunjuk yang dikirim dalam invoice
  5. Setelah biaya uang muka ditransfer, admin akan memproses langkah selanjutnya, termasuk mengirimi Anda berkas-berkas dokumen untuk dilengkapi
  6. Selanjutnya pihak penyedia jasa haji furoda akan memproses pendaftaran melalui notaris resmi dan seterusnya sampai ke perlengkapan haji dan lain-lain.
  7. Anda menungu proses terbit surat kofirmasi visa sebagai tanda haji furoda Anda disetujui
  8. Bila visa sudah terbit, Anda melunasi pembayaran kepada penyedia jasa haji furoda tersebut
  9. Berangkat haji sesuai jadwal bersama dengan panitia haji furoda

Perlu untuk diperhatikan agar tidak memilih penyedia jasa haji abal-abal. Perhatikan legalitas perusahaan sampai cara mereka menangani keperluan Anda di awal. Jika Anda merasa curiga, segera batalkan dan cari lembaga penyedia jasa haji yang betul-betul kredibel.

Syarat Haji Furoda

Mengenai syarat haji furoda dikutip dari hajifuroda.id, syarat-syaratnya adalah sebagai berikut:

  1. Dapat membayar uang muka
  2. Memiliki paspor asli, nama miminal dua suku kata
  3. foto copy KTP diperbesar 50 persen
  4. Pas foto 4×6 background putih 6 lembar
  5. Pas foto 3×4 close up tanpa kaca mata 6 lembar
  6. Buku suntik meningitis
  7. Foto kopi akta kelahiran
  8. Foto kopi buku nikah
  9. Foto kopi kartu keluarga

Mengenai syarat-syarat pendaftaran haji furoda dapat dicek kembali kepada biro perjalanan Anda. Bisa jadi ada biro yang menambahkan syarat-syarat lain

Komentar