oleh

Hasil Kualifikasi MotoGP Mandalika : Fabio Quartarano Pol Position, Marc Marquez Crash Dua Kali

Dengar.id, NTB – Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo kembali menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi MotoGP Mandalika, Sabtu (19/03/22) kemarin.

Jauara Dunia MotoGP 202 ini, menorehkan catatan waktu 1 menit, 31.067 detik dengan top speed menyentuh 306,8 km/jam. Dengan hasil tersebut, Quartarano akan menjadi pembalap terdepan (pole position) pada race MotoGP race utama pada hari ini (Minggu,red) pukul 15.00 Wita.

judul gambar

Fabio Quartararo meraih pole position setelah menuntaskan sesi kualifikasi kedua (Q2) di Sirkuit Mandalika. El Diablo julukan Quartararo ini, membuat catatan terbaik di Q2 dengan waktu 1 menit 31,067 detik.

Tak hanya menjadi yang tercepat, pembalap asal Prancis ini juga berhasil memecahkan rekor waku lap tercepat di Pertamina Mandalika International Street Circuit untuk kali kedua.

Sebelumnya, Quartararo juga mengukir rekor pada sesi latihan bebas (FP2) dengan catatan waktu 1 menit 31,608 detik.

El Diablo julukan Quartararo dikepung oleh rider Ducati di barisan terdepan starting grid MotoGP Indonesia. Duo pembalap tim Pramac Racing, Jorge Martin dan Johann Zarco akan menemani Quartararo di front row.

Jorge Martin dan Johann Zarco, bakal menempati posisi kedua dan ketiga di start nanti, setelah meraih catatan waktu 1 menit, 31.280 detik dan 1 menit, 31.378 detik dan posisi terakhir yakni Taakaki Nakagami menorehkan catatan waktu 1 menit, 32.330 detik.

Sedangkan, Juara dunia enam kali Marc Marquez yang harus melalui Q1 gagal ikut memperebutkan pole position di Q2 usai dua kali mengalami crash.

The baby elien julukan Marc Marquez itu, harus puas di posisi 15 karena hanya menorehkan catatan waktu 1 menit, 31.830 detik dan Pol Espargaro di posisi 16 dengan catatan waktu 1 menit, 31.831 detik.

Jalannya Kualifikasi

Kualifikasi MotoGP Indonesia dimulai dengan kualifikasi pertama (Q1).

Para pebalap top yang harus berjuang dari Q1 adalah Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF), Maverick Vinales (Aprilia), Pol Espargaro (Repsol Honda), Joan Mir (Suzuki Ecstar), Francesco Bagnaia (Ducati) hingga Marquez (Repsol Honda).

Pembalap andalan Repsol Honda Marc Marquez, harus melalui Q1 setelah hanya menempati peringkat ke-22 dalam hasil gabungan FP1-FP3 MotoGP Indonesia. 

Pada awal sesi Q1, pembalap rookie Marco Bezzecchi memimpin dengan catatan 1 menit 31,695 detik. Ia mengungguli Luca Marini yang berada di urutan kedua. Namun, keungulan Bezzecchi tak bertahan lama. Ia turun ke posisi kedua setelah disalip Fracesco Bagnaia saat Q1 berjalan enam menit.

Pada sesi ini, Marquez berada di posisi keempat. Situasi kembali tak bersahabat bagi pebalap asal Spanyol itu, saat mengalami crash di Tikungan 13. Ini merupakan kedua kalinya Marquez terjatuh.

Sebelumnya, kakak kandung Alex Marquez itu juga mengalami hal serupa pada FP2 MotoGP Indonesia, Jumat (18/3/2022) lalu.

Komentar