oleh

Hasil MotoGP Mandalika : Miguel Oliveira (1), Fabio Quartararo (2), Johan Zarco (3)

Dengar.id, NTB – Pembalap Red Bull KTM Factory, Miguel Oliveira berhasil menjuarai MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Circuit, Minggu (20/3/2022).

Pembalap asal Portugal itu, mencatatkan waktu tercepat 33 menit 27,233 detik. Diposisi kedua, ada Rider Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dengan perbedaan 2,194 detik. Disusul Johann Zarco yang merebut posisi ketiga.

judul gambar

Jalannya Balapan

Dari awal balapan, juara dunia MotoGP 2021 Fabio Quartararo melesat jauh. Namun, di lap kedua Pembalap asal Prancis itu diikuti Miguel Oliveira dan Jack Miller.

Miller lalu terus menjadi pembalap tercepat hingga memasuki menit keempat. Ia dan Oliveira mulai terlihat berjarak dibandingkan pembalap lain di belakangnya. Tercatat mereka sudah memiliki keunggulan lebih dari lima detik di lap kelima.

Oliveira lalu menyusul Miller di lap keenam karena Miller melakukan kesalahan. Oliveira tak butuh waktu lama untuk bisa menciptakan selisih lebih dari satu detik dengan Miller.

Dia juga mencetak waktut tercepat dengan torehan 1 menit 40 detik.

Kondisi sirkuit yang basah membuat pembalap kesulitan. Jorge Martin misalnya harus gagal finis karena crash di lap kelima, begitu juga dengan Andrea Dovizioso.

Hingga 10 lap terakhir, persaingan memanas. Johann Zarco berhasil menyodok ke posisi ketiga menyalip Alex Rins.

Sedangkan posisi lima besar lainnya tak berubah, Miguel Oliveira masih terdepan disusul Jack Miller. Sedangkan Quartararo masih posisi lima.

Jelang enam lap terakhir, Quartararo naik ke posisi empat. Dia mencoba kejar podium terakhir menghadapi Zarco. Itu berhasil dilakukannya jelang memasuki lima lap terakhir.

Quartararo bahkan menyodok ke posisi dua di lap ke-16. Sedangkan Oliveira masih unggul cukup jauh dengan jarak 3,460 detik dari Quartararo. Posisi ini bertahan hingga finis. Oliveira rebut juara, Quartararo kedua dan Johann Zarco ketiga.

Diketahui, race ini sempat ditunda setelah lintasan diguyur hujan dan petir. Tidak hanya itu, para pembalap hanya menuntaskan 20 lap dari 27 laps normalnya.

Komentar