oleh

HMS Gandeng KKP Gelar Bimtek Mutu dan Nilai Tambah Produk Perikanan di Kilo-Dompu

Dengar.id, NTB – Puluhan pengolah dan pemasar hasil perikanan Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) mutu dan nilai tambah produk perikanan di gedung Serba Guna Desa Lasi, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Selasa (26/4/2022).

Acara yang diinisiasi oleh Anggota Komisi IV DPR RI H. Muhammad Syafrudin (HMS), ST, MM, dengan menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI ini, dihadiri Direktur Pengolahan dan Bina Mutu KKP Dr. Trisna Ningsih, A.Pi, MSi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu, Amiruddin, S. Hut, Camat Kilo Dra. Nurnaimah dan Kades Se-Kecamatan Kilo.

judul gambar

Dalam sambutan pembukaannya, anggota DPR RI Fraksi PAN ini mengungkapkan, kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagi pelaku kegiatan pengolah dan pemasar hasil perikanan di Kecamatan Kilo.

“Mutu dan nilai tambah produk perikanan menjadi salah satu perhatian serius bagi kami untuk membantu kesejahteraan kelompok nelayan dan pesisir di masa pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini digelar di seluruh wilayah pesisir dan perkampungan nelayan Indonesia. Namun, dirinya memilih di Pulau Sumbawa lebih khususnya Kecamatan Kilo.

“Alasannnya, saya melihat masa depan dan harapan yang lebih ada disini (Kilo, red) dengan potensi dan kekayaan lautnya,” ungkap Anggota DPR RI tiga periode ini.

Lebih lanjut HMS sapaan akrab politisi PAN ini menuturkan, dengan kegiatan ini diharapkan mampu memberi pengetahuan baru dan terciptanya produk olahan perikanan yang bermutu juga berdaya saing.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi para peserta yang terlibat, sehingga terwujudnya kesejahteraan ekonomi dan adanya produk unggulan bagi kelompok nelayan Kilo dan umumnya Kabupaten Dompu,” harapnya.

Sementara itu, Kadis Perikanan dan Kelautan Dompu, Amiruddin S. Hut, mengucapkan terima kasih banyak dan selamat datang kepada HMS yang selalu tampil energik dan sangat luar biasa berkeliling Dompu membantu sektor pertanian dalam arti luas termasuk perikanan bersama jajaran KKP.

Dikatakannya, disadari atau tidak kegiatan ini sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Dompu saat ini yakni mewujudkan Dompu Mashur dengan JARAPASAKA (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan).

“Melalui Bimtek ini dengan mengolah produk perikanan yang siap dan aman dikonsumsi, sekaligus mencetak SDM yang unggul dan berdaya saing untuk menambahkan kesejahteraan keluarga nelayan,” ujarnya.

Kegiatan ini, lanjut Kadis, melalui Bimtek ini diyakini bisa mempercepat proses peningkatkan SDM bidang perikanan yang menjadi andalan dan tumpuan hidup masyarakat pesisir Bumi ‘Nggahi Rawi Pahu’ ini.

“Kami berharap melalui pelatihan Bimtek ini bisa bermanfaat bagi para peserta ke depan untuk menambah ilmu dan wawasan terkait pengolahan produk perikanan,” tutupnya.

Sebagai salah satu peserta, Ketua Poklahsar Nanga To’i, Juhniar mengucapkan terima kasih atas upaya dan kerja keras HMS untuk meningkatkan mutu dan nilai tambah produk perikanan.

“Jujur saja, ini baru pertama kali kami diberikan bimbingan tentang pengolahan & hasil produk perikanan. Oleh karenanya, kami ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada H. Muhammad Syafrudin,” ucapnya.

Hal yang sama pun disampaikan, Iksan, peserta lainnya. Ia berharap, kedepannya kegiatan-kegiatan ini terus digelar dan dijadwalkan secara rutin.

“Kami bangga mendapatkan ilmu dan pendampingam untuk menambah wawasan peserta dan kelompok perikanan. Sekali lagi, terima kasih kepada HMS sebagai perwakilan kami di pusat bersama KKP,” pungkasnya.

Komentar