oleh

HMS Kembali Hadir Perkuat SDM Petani Dompu

Dengar.id, NTB – Anggota DPR RI Dapil NTB 1 (Pulau Sumbawa) H. Muhammad Syafruddin (HMS), ST, MM, kembali hadir untuk memperkuat kapasitas dan mutu (Sumber Daya Manusia) petani di Kabupaten Dompu.

Dalam acara yang digelar di Gedung Serba Guna Kelurahan Monta Baru, Kecamatan Woja, Minggu (22/5/2022). Politisi senior PAN ini, menggandeng Kementerian Pertanian RI dengan Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan  menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) dan Sosialisasi Tanaman Pangan.

judul gambar

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT, menyampaikan kegiatan ini hanyalah bagian kecil dari perjuangan dan aspirasi HMS untuk petani dan Kabupaten Dompu selama ini.

”Oleh karenanya, kami ucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada HMS yang benar-benar sudah memfasilitas berbagai kegiatan dan memberikan bantuan bibit juga Alsinta selama ini,” katanya.

Menurutnya, dibalik keterbatasan anggaran daerah dan pusat pihaknya merasa sangat terbantukan oleh keberadaan dan kedekatan dengan anggota fraksi PAN tiga periode ini.

”Kami Pemerintah Kabupaten Dompu benar-benar merasa terbantukan oleh program-program dan aspirasi HMS,” ujarnya.

Lebih lanjut Papi Rul sapaan akrab Wabup Dompu ini menuturkan, berbagai kegiatan dan bantuan HMS telah membantu menyukseskan program unggulan atau visi misi AKJ-SYAH yakni JARAPASAKA (Jagung, Porang, Padi, Sapi, Ikan). “Kami benar-benar merasakan dan terbantu dengan berbagai program pusat yang dibawa langsung oleh H. Muhammad Syafrudin,” akunnya.

Sementara itu, dalam sambutannya HMS meminta Pemda agar tetap bisa bersinergi dalam memberikan edukasi kepada petani, selalu mencarikan solusi ditengah kondisi seperti ini terutama standar harga jual.

”Saya sangat mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Dompu untuk selalu memperjuangkan nasib rakyatnya, terutama yang berkaitan dengan harga hasil pertanian, seperti jagung padi dan lainnya,” papar pria yang juga akrab disapa Rudi Mbojo ini.

Tidak hanya itu, politisi senior ini juga meminta pemerintah untuk selalu berupaya untuk mencarikan solusi agar kestabilan harga jual tetap terjaga. ”Kami siap memfasilitasi, mengawal  dan memperjuangkan kebutuhan daerah di pusat melalui berbagai kebijakan,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni, SP, M. Si, menyampaikan apresiasi kepada HMS serta Kementerian Pertanian yang telah banyak memberikan stimulan bantuan terhadap keberlangsungan pertanian di Kabupaten Dompu.

”Kami sangat berterima kasih banyak kepada HMS yang telah banyak membantu dan terus mendorong kualitas sumber daya petani, penyuluh dan perangkat pertanian Kabupaten Dompu,” pungkasnya.

Acara ini diikuti puluhan petani dan petugas air tingkat desa se-Kecamatan Woja, juga perwakilan petani dari Kecamatan Dompu. Hadir dalam acara ini Wakil Bupati (Wabup) Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT, Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Direktur Mutu Tanaman, Kabid Tanaman Pangan Provinsi NTB, dan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Dompu, Muhammad Syahroni, SP, MM.

Komentar