oleh

HUT ke-207 Dompu : Bupati AKJ Beberkan Capaian Keberhasilan ‘Dompu Mashur’

Dengar.id, NTB – Bupati Dompu ‘Aby’ Kader Jaelani (AKJ) membeberkan sejumlah keberhasilan dalam membangun kesejahteraan rakyat dan mewujudkan Dompu Mandiri, Sejahtera, Unggul, dan Religius (MASHUR) pada upacara peringatanHari Jadi Kabupaten Dompu ke-207 di Lapangan Beringin, Senin 11 April 2022 lalu.

”Pandemi Covid-19 sempat membuat pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi. Namun, kini mulai tumbuh positif di berbagai sektor dan itu tidak lepas dari kerjasama semua elemen,” katanya saat memberi pidato sambutan.

judul gambar

Dikatakannya, program JARAPASAKA (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan) perlahan tapi pasti mulai terlihat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Tingginya harga jagung diawal kepemimpinan AKJ-SYAH telah menunjukan keberpihakan program itu.

“Saat ini pertumbuhan ekonomi Dompu mengalami kenaikan 1,68 persen dan menjadi 4,89 persen sebelumnya kontraksi minus hingga 3,21 persen akibat pandemi Covid-19. Tahun 2021 yang berbanding terbalik dengan pencapaian angka kemiskinan naik menjadi 12,6 persen,” ujar AKJ.

Pada indeks pembangunan manusia (IPM) juga mengalami kenaikan menjadi 68,45 poin dari 67,84 poin tahun 2020, pada sektor kesehatan pravelensi stunting tahun 2021 tercatat 14,3 persen, membaik jika dibandingkan dengan pencapaian tahun 2020 sebesar 18,72 persen pada usia harapan hidup meningkat menjadi 66,99 persen demikian pula pada sektor pendidikan dan kemampuan daya beli terus tumbuh di tengah kondisi negara belum stabil.

Ditambahkannya, pada sektor lingkungan hidup, pemerintah juga komit mengembalikan fungsi hutan dan gunung dari kerusakan melalui program GREEN BELT ’Dompu Berjasa’ dengan ruang terbuka hijau di Bendungan Tanju dan Bendungan Mila.

Dari sisi infrastruktur pelayanan dasar, jalan dan jembatan serta jaringan irigasi mengalami peningkatan. ”Begitu juga penanganan kawasan kumuh pemukiman, penyediaan jaringan air bersih pedesaan dan peningkatan sanitasi semakin baik serta penanganan bencana alam,” bebernya.

Untuk pembangunan Pelabuhan Nusantara di Kecamatan Kilo, saat ini telah memasuki tahap perencanaan penyusunan Amdal. “Untuk kemudian pekerjaan konstruksinya, Insya Allah akan dimulai tahun 2023,” katanya.

Terakhir,Politisi NasDem inimengungkapkan selain melaksanakan pembangunan, pada tahun 2022 Kabupaten Dompu mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik sebesar Rp. 194 Miliar, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp. 90 Miliar lebih.

Atas semua capaian itu, Kader Jaelani menuturkan, selaku pimpinan daerah dirinya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada seluruh komponen masyarakat di Bumi Nggahi Rawi Pahu dan seluruh stakeholder yang ada.

“Kepada semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu yang sudah bekerja sama dengan baik selama ini, mulai dari petani, nelayan, peternak dan ASN lingkup Pemda Dompu serta TNI / Polri maupun Pemprov NTB. Saya mengucapkan terima kasih yang setulus tulusnya atas kontribusi dalam membangun daerah,” paparnya.

Acara Hut ke 207 ini juga dirangkan dengan berbagai kegiatan lain diantaranya Penandatanganan bersama zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) untuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta peresmian logo dan tema festival Tambora 2022, setelah itu dilanjutkan ziarah makam Sultan Dompu, kemudian sore hari kegiatan tasyakuran dilangsungkan di Pendopo Bupati.

Acara ini dihadiri, Wabup Dompu H. Syahrul Parsan, ST MT, Wali Kota Bima, HM Lutfi SE, Bupati Bima, Hj Indah Damayanti SE, anggota DPR RI HM Syafrudin, ST MM, Gubernur NTB yang diwakili oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Hadir juga, Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar, A Md. Par, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Taufik S Sos, Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat SIK, Kepala Kejari Dompu DR Marlambson Carel Williams SH MH, Ketua PN Dompu Subai SH, MH, Ketua PA Dompu Ihyaddin S.Ag MH.

Komentar