oleh

Ini Rute 278 Unit “Shuttle Bus” Menuju Sirkuit Mandalika

Dengar.id, NTB – Perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika, akan berlangsung 18-20 Maret 2022, segala persiapan terus dikebut termasuk sarana tranportasi untuk para tamu dan penonoton.

Melalui Dinas Perhubungan Nusa Tenggara Barat, pemerintah telah menyiapkan 278 unit “shuttle bus” yang akan beroperasi mulai tanggal 17 Maret, hingga 21 sehari setelah pelaksanaan MotoGP.

judul gambar

Kepala Dinas Perhubungan NTB Lalu M. Faozal, mengatakan trayek operasional “shuttle bus” nantinya akan menyesuaikan dengan klasemen tiket penonton. ”Akses menuju Sirkuit Mandalika, masih sama seperti pelaksanaan WSBK, yakni berada di lima koridor masuk,” katanya.

Kelima koridor tersebut berada di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) di Kabupaten Lombok Tengah; Pelabuhan Gili Mas dan Pelabuhan Lembar di Kabupaten Lombok Barat; Pelabuhan Kayangan di Kabupaten Lombok Timur; dan Pelabuhan Bangsal, akses transportasi laut untuk kawasan Gili Tramena (Trawangan, Meno, dan Air) di Kabupaten Lombok Utara.

“Jadi nantinya di setiap koridor kita siapkan unit (shuttle bus) yang menyesuaikan dengan arus kedatangan penonton,” ucapnya.

Selain itu, antisipasi lonjakan penonton juga telah disesuaikan dengan pintu masuk menuju Sirkuit Mandalika. Kini pihak penyelenggara dikatakan Faozal telah menyiapkan tiga pintu masuk.

Pintu satu dan dua, berada di sisi timur sirkuit. Itu artinya pergerakan ke pintu satu dan dua, berasal dari penonton yang parkir di timur. Sedangkan untuk pintu masuk tiga, berada di sebelah barat Sirkuit Mandalika yang dekat dengan Hotel Novotel.

Akses menuju Sirkuit Mandalika dari Bundaran BIZAM ini masih tetap melewati dua jalur, yakni barat dan timur.

Untuk jalur timur itu dari Bypass BIL-Mandalika dengan rute akhir Bundaran Sunggung. Sedangkan jalur barat, melalui bundaran Surfing Mong yang berakhir di kawasan Masjid Nurul Bilad.

Kemudian untuk areal parkir timur, berada di lahan kosong seluas 17 hektare dengan kapasitas 13.600 satuan ruang parkir (SRP). Parkir barat, di sekitar kawasan Masjid Nurul Bilad Mandalika.

Komentar