oleh

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 Hijriah

Dengar.id, Jakarta – Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan keistimewaan. Ada banyak amalan yang bisa dikerjakan dibulan ini, terutama amalan berpuasa, berbuka, salat tarawih dan sahur.

Sebagaimana pemberitaan sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu, 2 April 2022.

judul gambar

Ketentuan tersebut tertuang di dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H.

Muhammadiyah juga telah menerbitkan jadwal imsakiyah Ramadhan 1443 H/2022 M untuk seluruh daerah di Indonesia.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1443 H/2022 M dihisab dan disusun oleh Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr Oman Fathurohman SW, MAg.

Jadwal Imsakiyah yang disediakan Muhammadiyah berisi informasi lengkap tentang jadwal shalat mulai Shalat Shubuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya’.

Selain itu ada juga jadwal imsak, terbit, hingga dhuha. Untuk jadwal imsak dan maghrib diberi warna khusus untuk membedakan dari jadwal lainnya. Jadwal tersedia mulai dari 1 Ramadhan atau 2 April 2022 hingga tanggal 30 Ramadhan atau 1 Mei 2022.

Berbeda dengan metode hisab lembaga lain yang biasanya tidak memperhitungkan tinggi daerah, metode hisab yang dipakai Muhammadiyah di samping memperhitungkan posisi lintang dan bujur daerah juga memperhitungkan tinggi daerah yang dihisab.

Awal waktu subuh dan imsak dalam jadwal imsakiyah tahun ini dihitung sesuai dengan kriteria awal waktu subuh hasil Munas Tarjih Muhammadiyah ke-31 tahun 2020.

Awal waktu subuh ditentukan ketika ketinggian matahari berada dalam posisi minus delapan belas derajat. Untuk informasi selengkapnya bisa diakses di laman ini

Komentar