oleh

Presiden Luncurkan “Ioniq 5” Mobil Listrik Indonesia

Dengar.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan langsung mobil listrik rakitan pertama Indonesia di pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) Cikarang, Jawa Barat, Rabu (16/03/22).

“Saya datang ke Bekasi untuk menyaksikan dan meluncurkan mobil listrik Ioniq 5. Momen yang terus saya tunggu-tunggu,” kata Presiden Jokowi.

judul gambar

Dikatakannya, kedepannya kita ingin segera melakukan transisi besar-besaran dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil ke mobil listrik yang ramah lingkungan.

”Kendaraan listrik harus menjadi moda transportasi utama di Indonesia. Termasuk menjadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan juga nantinya Ibu Kota Negara Nusantara,” ungkapnya.

Pemerintah, kata Presiden Jokowi, akan selalu mendukung setiap investasi kendaraan listrik di Indonesia dan juga pengembangan industri hulunya terutama industri baterai.

“Seperti hari ini Hyundai akan meluncurkan mobil listrik Hyundai Ioniq 5. Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia, yang diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia maupun pasar ekspor,” harapnya.

Presiden Jokowi berharap mobil Ioniq 5 akan menjadi “milestone” penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia sehingga semakin canggih dan diminati.

Diketahui, Ioniq 5 pertama kali diperkenalkan pada 23 Februari 2021 dan menjadi mobil pertama Hyundai yang menggunakan platform Hyundai “Electric Global Modular Platform” (E-GMP).

Hadir dalam cara tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Chairman Hyundai Mogor Group Euisun Chung, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae Sung dan pejabat terkait lainnya.

Komentar