oleh

KEK Mandalika Akan Dijajal 1.308 Atlet Sepeda Ajang Internasional

Dengar.id, NTB – Selain MotoGP, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, akan dijajal 1.308 atlet balap sepeda L’etape Indonesia by Tour de France pada 18-20 Februari 2022.

Event ini merupakan rangkaian dari kejuaraan balap sepeda paling bergengsi di dunia. Kejuaraan ini adalah balapan jalanan jarak jauh untuk pembalap sepeda profesional yang diadakan sepanjang tiga minggu pada bulan Juli di Prancis.

judul gambar

Operasional Director L’etape Indonesia by Tour de France, Alan Jala menjelaskan, terdapat dua kategori jarak tempuh, yaitu 120 kilometer dan 90 kilometer. “Peserta L’etape Indonesia di Mandalika berasal dari atlet amatir Indonesia,” katanya.

Dikatakannya, alasan panitia memilih Mandalika karena lokasinya strategis dan keindahan yang tidak kalah dengan Prancis.

“Kami sudah mensurvei semua infrastruktur dan fasilitas. Kawasan ini memiliki bentang alam yang indah, jalanannya yang berkelok dan menantang seperti Prancis,” bebernya.

Selain itu, Jala juga menyampaikan, bahwa pelaku UMKM lokal juga akan mendapatkan kesempatan untuk ikut meramaikan Event Internasional tersebut. “UMKM lokal akan ikut serta untuk memeriahkan dan menyajikan produk – produk lokal yang dapat dinikmati oleh para peserta” jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, mendukung penuh gelaran L’etape Indonesia dan memastikan jajaran pemerintah akan siap mendukung untuk kesuksesan event yang juga diselenggarakan pada 21 negara diseluruh dunia tersebut.

“Kami dari Pemprov NTB menyampaikan apresiasi dan senang dengan event ini, semoga sinergi dan dukungan dapat kita jalankan bersama,” kata Miq Gite.

Sekda juga menjamin berbagai event internasional yang diselenggarakan akan menerapkan protokol Covid – 19 yang ketat. “Insya Allah, gelaran L’etape Indonesia yang berlangsung perencanaan penerapan protokol covid – 19 sudah sangat baik.” terangnya.

Dengan event ini, popularitas NTB sebagai World Sport Destination Tourism di Indonesia semakin dikenala kalangan sport internasional.

Komentar