oleh

KNPI Panen Raya, Pemerintah Segera Turuntangan Selesaikan Masalah Petani

Dengar.id, Cianjur – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) melaksanakan panen raya di lahan pesawahan petani binaan di wilayah Cikalong Cianjur, Jawa Barat (5/9/22).

“Alhamdulillah pada hari ini DPP KNPI melaksanakan panen raya, semoga dapat memberikan sumbangan pada penguatan ketahanan pangan nasional”, kata Gandung Rafiul Nurul Huda Sekjen DPP KNPI.

judul gambar

Padi yang dipanen merupakan lahan petani binaan DPP KNPI dengan hamparan lahan seluas 110 ha di wilayah Cikalong Cianjur, Jawa Barat.

“Panen ini merupakan panen perdana di lahan petani binaan DPP KNPI, yang dimulai musim tanam pada awal Mei 2022 lalu dan ini merupakan bukti konkret KNPI hadir dalam program nyata di masyarakat”, jelas Gandung.

Sementara, Koorbid Perekonomian DPP KNPI Rasminto menyampaikan keluhan persoalan petani.

“Usaha tani selama ini di Indonesia lebih fokus pada proses hulunya dengan berjibaku pada proses produksi, namun petani kita dibebani dengan proses hilir dimana petani kesulitan menjual hasil produksinya”, kata Rasminto.

Baca juga: Pemerintah Resmi Naikin Harga BBM

Menurut Rasminto, persoalan petani kita yang nyata di lapangan adalah hasil produksi sering melimpah pada musim panen namun tidak adanya manajemen stok yang handal.

“Manajemen stok yang handal diperlukan dalam menjaga stabilitas suplai hasil produksi pertanian khususnya komoditas utama seperti gabah padi, jagung dll, sehingga harga jual tetap stabil, tidak seperti sekarang, saat panen melimpah namun saat musim tanam ketersediaan stok terbatas, akhirnya harga jual produksi petani sangat rendah”, jelas Rasminto.

Rasminto berharap pemerintah dapat turun tangan penataan industri pertanian terintegrasi.

KNPI hanya sebatas melakukan pembinaan petani seperti yang sekarang kami lakukan di Cikalong, kami harap Pemerintah khususnya Kementerian Pertanian dapat memperbaiki tata kelola industrialisasi agro terutama perbaikan manajemen stok komoditas, jangan sampai petani yang dirugikan dengan harga jual produksinya yang rendah, jika perlu kredit usaha rakyat (KUR) petani diperuntukkan juga untuk pembelian hasil panen petani”, pungkas Rasminto.

Pada kegiatan panen raya turut hadir Ketua Kelompok Tani Cikalong Hardimo dan Fungsionaris DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia diantaranya Dhani, Eko, Annas, Janudin dan Ahmad Syaripudin.

Komentar