oleh

Kunker ke Dompu, Ketua KONI Pusat : Kami Dukung Event dan Pengembangan Olahraga Kuda dan Pantai

Dengar.id, NTB – Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Pusat, Letjen Purnawirawan Marciano Norman melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Dompu selama dua hari, 20-21 Maret 2022.

Mantan petinggi TNI AD ini, didampingi Ketua Umum Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI) Pusat Triwatty M, Bendahara Umum KONI Vivin Cahyani, Humas KONI Tirto Prima dan Ajudan (Adc) Syamsuddin.

judul gambar

Pantauan Dengar.id, rombongan ini tiba di Kabupaten Dompu sejak Minggu (20/03/2022), setelah dijemput oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Dompu Gatot Gunawan bersama Ketua Pordasi Kabupaten Dompu Muhammad Amin di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima dan kembali ke Jakarta, Senin (21/03/2022) sore.

Tiba di Kabupaten Dompu, Marciano Norman dan rombongan disambut sejumlah pejabat, diantaranya Asisten Administrasi Umum Setda Dompu, Agus Salim, Kepala Bappeda dan Litbang H. Gaziamansyuri, Kadis Dikpora, H. Rifaid, Kadis PUPR Aris Ansyari, PLH Kabag Prokopim yang juga Kabag Kerjasama Daerah Muhammad Iksan, bersama pejabat struktural dan fungsional lainnya.

Seusai rehat dan makan siang bersama, Marciano bersama rombongan langsung melakukan  kunjungan kerja di Doroncanga, Kecamatan Pekat sebagai lokasi yang dipersiapkan untuk pembangunan arena pacuan kuda berkelas internasional.

”Mereka melihat secara langsung, gambaran dari dekat lokasi yang ada di Doroncanga, yang diwacakan untuk dibangun Sirkuit Pacuan Kuda Internasional,” ungkap Sekda yang Dompu Gatot Gunawan.

Selanjutnya pada, Senin (22/03/2022). Mantan Kepala BIN era Presiden SBY ini ditemani langsung Bupati Dompu ‘Aby’ Kader Jaelani (AKJ), melanjutkan kunkernya ke pantai Wisata Lakey, Kecamatan Hu’u.

Di momen ini Ketua KONI Pusat menyebut berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Dompu luar biasa adanya.

“Dalam mengembangkan berbagai potensi dimaksud perlu adanya sentuhan-sentuhan atau keterlibatan dari semua pihak,” katanya.

Untuk membangun dan mengembangkan segala potensi ini, lanjut Mantan Pangdam Jaya ini, perlu ada kolaborasi, sinergisitas, kerjasama dan kebersamaan dengan semua pihak juga dengan Komite Olahraga Nasional (Koni) Pusat, dengan keberpihakan tersebut olahraga bisa maju dan berkembang lebih baik.

“Pada prinsinya, kami siap dan mendukung pembangunan dalam pengembangan dan pembinaan olahraga berkuda dan olahraga pantai,” jelasnya.

”Apalagi pak Bupati dan masyarakat disini (Dompu, red)  sangat mencintai olahraga berkuda,” sambung Marciano.

Lebih lanjut ia menuturkan, untuk pengembangannya tidak hanya cukup dengan cinta saja, namun juga perlu dipikirkan, bagaimana kualitas kudanya, peternakannya dan juga para jokinya.

”Semuanya harus diperbaiki sehingga para joki dalam berbagai event pacuan kuda yang diikutinya dapat memperhatikan keselamatannya,” bebernya.

Terakhir, Marciano juga menyampaikan harapannya kepada KONI Kabupaten Dompu, dalam meningkatkan kualitas olahraga agar dapat dan mampu bekerjasama dengan semua Cabang Olahraga (Cabor) yang ada.

“Kerjasama dimaksud diperlukan untuk mengangkat berbagai potensi yang ada baik potensi olahraga maupun potensi alam yang ada di daerah ini sehingga bisa lebih dikenal secara luas. Kalau tidak diangkat orang tidak akan pernah tahu,” tegasnya.

Hal senada pun disampaikan, Ketua Pordasi Pusat yang juga Penasehat Persatuan Olahraga Selancar Indonesia (PSOI), Triwatty M mengatakan kehadirannya bersama rombongan KONI ini untuk melihat dari dekat situasi dan kondisi Kabupaten, terutama pengembangan olahraga baik olahraga berkuda maupun olahraga selancar.

”Dalam waktu dekat PSOI Pusat berencana akan mengadakan event Internasional khusus olahraga selancar yang di pusatkan di Pantai Wisata Lakey,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Dompu ‘Aby’ Kader Jaelani mengungkapkan, mengungkapkan rasa bangga dan terima kasiihnya atas kunjungan rombongan Koni Pusat ini.

“Kunjungan kedua tokoh penting di bidang olahraga ini, mewakili pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Dompu kami sampaikan rasa bangga dan bahagia serta berterima kasih,” ungkapnya.

Selanjutnya, pihaknya akan menindaklanjuti sejumlah masukan dan saran pecinta olahraga sport ini. Untuk, menjadi referensi dan berita gembira Kabupaten Dompu, khususnya dalam meningkatkan kemajuan dan perkembangan olahraga di daerah ini.

“Sekali lagi, saya bangga dan berbahagia atas Kunker Ketua KONI Pusat dan Ketua Pordasi Pusat beserta rombongannya, bisa jadi ini menjadi berkah bagi daerah ini,” pungkas AKJ.

Usai bekunjung ke Lakey, rombongan ini melanjutkan kunjungannya di Arena Pacuan Kuda Tradisional Desa Lepadi, Kecamatan Pajo, kemudian bertolak ke Bandara Bima untuk kembali ke Jakarta.

Ikut hadir dalam rombongan ini Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Taufik, S. Sos, Sekda Dompu Gatot Gunawan, Asisten Administrasi Umum Setda Dompu, Agus Salim, Kepala Bappeda dan Litbang H. Gaziamansyuri, Kadis Dikpora, H. Rifaid, Kadis PUPR Aris Ansyari, PLH Kabag Prokopim yang juga Kabag Kerjasama Daerah Muhammad Iksan, bersama pejabat struktural dan fungsional lainnya.

Komentar