oleh

Kurikulum Merdeka Belajar, Simak Penjelasannya Disini

Dengar Indonesia – Pendidikan adalah hal yang penting di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Oleh karenanya, perlu banyak inovasi dan hal-hal yang terbarukan, seperti yang Kurikulum terbaru sebagai bahan ajar di era 4.0 menuju 5.0 ini.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI, dibawah pimpinan Nadiem Anwar Makarim secara resmi mengeluarkan produk baru bahan ajar untuk tahun ajaran baru, yakni Kurikulum Merdeka Belajar.

judul gambar

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum belajar siswa yang konten pembelajarannya lebih beragam. Dengan konten yang beragam diharapkan akan lebih optimal dalam proses belajar.
Pada Kurikulum Merdeka ini, para siswa dan siswi diharapkan memiliki cukup waktu untuk bisa menguatkan kompetensi dan mendalami konsep.

Dilansir dari Kemdikbud, Kurikulum Merdeka ini dikembangkan sebagai kerangka belajar kurikulum yang lebih fleksibel.

Adapun karakteristik utama Kurikulum Merdeka yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah:

  • Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila
  • Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.
  • Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Bagi Anda yang ingin memahami perbedaan Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum 2013 dapat dilihat dilaman resmi Kemendikbud. (WAN)

Komentar