oleh

Lima Armada KRI TNI AL Dikerahkan Untuk Amankan MotoGP Mandalika

Dengar.id, NTB – Lima Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) TNI Angkatan Laut (AL) dikerahkan untuk mengawal pelaksanaan event MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika. Demikian diungkapkan Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Mataram Kolonel Laut (P) Djawara Whimbo, Senin (31/01/22) .

Menurutnya, lima armada perang ini turun khusus guna mengantisipasi segala bentuk ancaman dalam menyukseskan MotoGP nanti. “Tujuannya untuk menghalau gangguan yang berpotensi timbul di kawasan perairan NTB maupun yang berdekatan dengan lokasi Pertamina Mandalika International Street Circuit,” katanya..

judul gambar

Lima KRI itu, lanjut Whimbo, akan disebar di sejumlah titik perairan. Untuk saat ini, pengamanan masih difokuskan di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. ”Nanti menjelang MotoGP, fokus kita bagi. Di laut di sekitar sirkuit sama di pelabuhan-pelabuhan,” bebernya.

Lebih lanjut ia menuturkan, untuk kawasan pelabuhan, Kapal-Kapal tersebut akan menyebar di lima titik. Disesuaikan dengan jumlah pelabuhan sentral di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Yakni, Pelabuhan Lembar dan Kayangan di Lombok, kemudian Pelabuhan Pototano, Badas, Sape, di Sumbawa. “Model pengamanan dilakukan dengan berpatroli. TNI AL juga akan berkoordinasi dengan stakeholder terkait, seperti Basarnas, Polairud, Bakamla dan Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP),” jelasnya.

 ”Semua komponen nanti akan terlibat,” katanya.

Whimbo menambahkan, pengamanan dari KRI untuk kawasan perairan di NTB bukan hanya berkaitan dengan tindakan kejahatan. Tapi juga mengenai tugas evakuasi terhadap korban jika terjadi musibah kapal karam, terbakar maupun yang mengalami kebocoran. “Jajaran kami telah melakukan latihan bersama dengan sejumlah stakeholder yang wilayah kerjanya di pelabuhan maupun laut NTB, seperti Perompakan, TNI AL dan Polairud,” terangnya.

Dari kelima KRI yang diturunkan, satu kapal sudah berlabuh di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, yakni KRI Sampari-628. Adapun empat kapal lain menyusul sebelum pelaksanaan MotoGP. ”Tiga akan bergeser beberapa hari sebelum perhelatan MotoGP. Satu kapal lain dalam perjalanan menuju NTB,” paparnya. (adi)

Komentar