oleh

Manfaat dan Kandungan Gizi Kolang Kalong

Kolang kaling adalah buah yang berasal dari biji pohon aren dan dikenal dengan nama latin Arenga Pinnata Merr juga termasuk family Aracaceaea.

Dikutip dari Jurnal PKM, Pohon aren merupakan pohon yang menghasilkan banyak bahan-bahan industri, selain itu hampir semua bagaian fisik dari pohon ini dapat dimanfaatkan serta memiliki nilai ekonomis (Lempang, 2012).

judul gambar

Buah Kolang kaling ini memiliki struktur yang kenyal,  lembut, dan manis yang menjadi daya tarik dan alasan kenapa disukai masayarakat.

Kolang kaling popular saat bulan suci Ramadhan, karena masyarakat Indonesia mengolah kolang kaling menjadi kolak untuk disajikan saat berbuka puasa.

Merurut Berta, Koapaha, Mendey(2018) Kandungan gizi kolang-kaling untuk setiap 100 gram memiliki kandungan yang beragam

Berikut adalah manfaat dan kandungan gizi kolang kaling pada setiap 100 gram;

  1. kalori  27  kkal;
  2. protein  0,4  gram;
  3. lemak  0,2  gram;
  4. karbohidrat  6  gram;
  5. kalsium  91  mg;
  6. posfor  234  mg;
  7. serat  1,6  g;
  8.  dan  zat  besi  0,5  mg. 

Kolang-kaling  sangat bermanfaat  bagi kesehatan  salah  satunya  dapat  memulihkan  stamina  tubuh,  menyegarkan  tubuh, dan memperlancar metabolisme tubuh (Novayanti, S.R., 2016).

Manfaat lain dari kolang-kaling menurut Riza, E. (2016) meyebutkan bahwa kolang-kaling dapat mengatasi radang sendi, melancarkan  pencernaan,  memperkuat  tulang  dan  sebagai  makanan  diet.

Kaya akan kandungan gizi dan manfaatnya, kolang kaling banyak dicari bahkan dijadikan sumber penghasilan bagi kalangan wirausaha menjadi sumber penghasilan tabahan.

Komentar