Kemenpora Gelar Gebyar BAPEN di Kecamatan Sobang Selama Tiga Hari

Lebak: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar Gebyar Bakti Pemuda Nusantara 2024 di Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Banten. Acara yang diselenggarakan selama tiga hari, dari 8-10 Juni 2024, ini menjadi puncak dari rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan dalam program Bakti Pemuda Nusantara (BAPEN) 2024.

Acara ini berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai karya seni, mulai dari Teater Musikal oleh Putri Tuti dari Sanggar Tari Sobang, Lomba Menyanyi, hingga Pertunjukan Seni Antar Desa oleh Sanggar Kesenian Setiap Desa.

Ketua Tim Sosial Budaya, Asdep Wawasan Pemuda Kemenpora Abdul Muslim, mengatakan bahwa Gebyar Bakti Pemuda Nusantara 2024 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan BAPEN yang diadakan di Kecamatan Sobang.

“Acara ini tidak hanya bertujuan menghibur masyarakat tetapi juga menghargai pengabdian para peserta BAPEN yang telah bekerja di 10 desa di kecamatan tersebut,” ucapnya saat ditemui usai menyaksikan Gebyar Bakti Pemuda Nusantara 2024, Minggu (9/6) malam.

Menurutnya, Program BAPEN telah memberikan banyak dampak positif. Para peserta yang mewakili 28 provinsi di Indonesia berhasil memanfaatkan waktu dengan produktif, seperti melakukan digitalisasi desa untuk membantu tugas-tugas pemerintah desa.

“Selain itu, ada juga berbagai pelatihan, peningkatan wawasan, dan peningkatan keterampilan masyarakat termasuk proyek perubahan di setiap desa di Kecamatan Sobang,” lanjutnya.

Ia menyampaikan bahwa masyarakat Sobang sangat berterima kasih atas kehadiran peserta BAPEN 2024 yang telah membantu tugas-tugas pemerintah desa. “Dan kami menilai kegiatan BAPEN sudah maksimal dan kami  berharap program ini menjadi program  prioritas nasional Kemenpora,” jelasnya.

Menurutnya, salah satu keberhasilan BAPEN adalah pembukaan akses jalan menuju Baduy Dalam melalui Desa Sinar Jaya di Kecamatan Sobang.

“Salah satu akses jalan yang menuju Baduy Dalam yang awalnya sulit menuju ke sana, tapi dengan adanya BAPEN ini, ada pembukaan akses menuju Baduy Dalam melalui jalur Desa Sinar Jaya, Kecamatan Sobang,” katanya.

Ia berharap untuk tahun depan BAPEN bisa diikuti oleh perwakilan dari 38 provinsi di Indonesia, serta melibatkan pemuda dari 12 negara ASEAN.

“Tahun ini diikuti oleh perwakilan dari 28 provinsi dan organisasi kepemudaan dengan total 97 peserta. Untuk tahun depan, kita berharap bisa diikuti 38 provinsi di Indonesia, serta melibatkan pemuda dari 12 negara ASEAN,” tambahnya.

Seperti diketahui selama 20 hari, para peserta BAPEN 2024 mengabdi di Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Banten. Mereka menunjukkan dedikasi tinggi dalam membantu masyarakat setempat.

Mereka terlibat dalam berbagai kegiatan, seperti memberikan bimbingan belajar, membantu kelompok masyarakat dalam mengembangkan keterampilan, mengadakan aksi bersih-bersih lingkungan, penanaman pohon, serta memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan menghidupkan kembali budaya lokal.

author avatar
arif dengar.id

Komentar