oleh

Menpora Amali Buka Kuliah Penumbuhan Minat Kewirausahaan Pada Pemuda Samarida

Dengar.id, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali membuka kuliah penumbuhan minat kewirausahaan kepada pemuda Samarida, Kalimantan Timur. Dalam kesempatan ini, Menpora Amali menekankan pentingnya kalangan anak muda menciptakan lapangan kerja. 

“Kewirausahaan merupakan salah satu dari program yang ada di Kemenpora. Para pemuda harus menumbuhkan semangat kewirausahaan, agar nantinya bisa menjadi pencipta lapangan kerja,” kata Menpora Amali melalui sambungan virtual dari Jakarta, Kamis (7/4) siang.

judul gambar

Kuliah penumbuhan minat kewirausahaan ini diikuti organisasi dari Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dan mendapat dukungan dari Komisi X DPR RI serta Pemkot Samarinda. Adapun kuliah bertemakan ‘Mewujudkan Generasi Muda Mandiri dan Berkualitas Melalui Kewirausahaan’.

Baca juga: Menpora Amali Menerima Rektor UNP dan UNAND untuk Melaporkan POMNas XVII

Menpora Amali mengingatkan kepada para pemuda untuk mempersiapkan tantangan bonus demografi. Sebab, mereka kedepannya akan berhadapan dengan persaingan dalam hal mendapatkan lapangan kerja.

“Bonus demografi ini harus dimanfaatkan betul. Potensi kewirausahaan yang ada sekarang ini harus dikembangkan dengan sebaik-baiknya. Oleh karenanya, Kemenpora mendorong dalam salah satu porgram yaitu pemuda kreatif, inovatif, mempunyai daya saing serta kemandirian dan tentunya semangat kewirausahaan,” ujar Menpora Amali.

Menurut Menpora Amali, kemakmuran suatu bangsa ditentukan oleh seberapa besar masyarakatnya yang bergerak dalam bidang kewirausahaan. Untuk itu, Menpora Amali mendorong para pemuda untuk lebih semangat dalam berwirausaha. 

“Nah, ini tugas kita bersama bagaimana menumbuhkan minat kewirausahaan. Kita mendorong hal ini dari kalangan pemuda, mahasiswa, serta masyarakat,” sebut Menpora Amali. 

Baca juga: Guru Ngaji, Imam dan Dewan Masjid di Lotim Dapat Honor

Lebih lanjut, Menpora Amali menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi yang menggelar kuliah kewirausahaan. Hal ini sebagai wujud untuk mendorong semangat kewirausahaan di kalangan pemuda dan masyarakat. 

“Harapannya agar semangat kewirausahaan sudah tertanam dalam mahasiswa, sehinga setelah lulus dari kampus mereka ini akan menjadi pelopor kewirausahaan. Kita ingin mereka menjadi penyedia lapangan kerja, bukan mencari kerja,” terang Menpora Amali.

Menpora Amali juga menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan Komisi X DPR RI yang telah mendukung program Kemenpora selama ini. 

“Mudah-mudahan peserta bisa memanfaatkan waktu ini untuk mendapatkan pengalaman dari narasumber. Sehingga dari peserta ini akan lahir pengusaha yang tangguh dan menambah wirausaha di Tanah Air,” jelas Menpora Amali.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am Sholeh, Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso dan tamu undangan lainnya.

Komentar