oleh

Menpora Amali dan Menteri BUMN Erick Thohir Hadiri 500 hari menuju FIBA Basketball World Cup 2023

Dengar.id, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali bersama FIBA Board Member yang juga Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri momen 500 hari menuju FIBA Basketball World Cup 2023, di CGV FX Sudirman Lantai F7, Jakarta, Selasa (12/4) siang. 

Momen tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kemitraan antara Panitia Penyelenggara dengan Bank Mandiri sebagai sponsor utama. Menpora Amali menegaskan pemerintah sangat serius mendukung, karena ini sejarah yang tidak mudah berulang, sehingga harus didukung bersama.

judul gambar

“500 hari menuju pelaksanaan FIBA World Cup, kita adalah salah satu dari tiga tempat (Indonesia, Filipina, Jepang), saya kira pemerintah berkomitmen untuk menyukseskan itu dan sangat serius,” tegasnya.

Salah satu bentuk keseriusan pemerintah adalah mewujudkan infrastruktur yang bertaraf internasional, berkapasitas banyak, dan dapat terus digunakan sebagai sarana pembinaan olahraga berkelanjutan.

“Dari pemerintah kita buktikan, bersama-sama Pak Erick (Menteri BUMN) dengan Pak Basuki (Menteri PUPR) atas perintah dan arahan Bapak Presiden, kita segera mewujudkan satu gedung basket yang bertaraf internasional yang berkapasitas 16.000-an,” ucapnya.

Baca juga: Menpora Amali: Pengurus PB IPSI Laporkan Agar Pencak Silat Bisa Bertanding di Olimpiade

“ltu pertanda keseriusan yang menggambarkan benar-benar pemerintah siap menjadi tuan rumah FIBA World Cup Tahun 2023. Artinya bangun gedung saja siap, apalagi dukungan yang lain, sukses Indonesia tuan rumah FIBA World Cup,” imbuhnya.

Menteri BUMN Erick Thohir menambahkan progres pembangunan sangat bagus, dimana ada percepatan 3% saat pengecekan waktu peninjauan lapangan terakhir. Ini juga dinyatakan sejalan dengan apa yang digariskan Kementerian Pemuda dan Olahraga bahwa dalam setiap pembangunan ada nilai-nilai keberlanjutan dan berfungsi guna berbagai even.

“Gedung bola basket yang sedang dibangun ini dengan kapasitas 16.000 ini adalah yang pertama di Indonesia, tidak hanya untuk bola basket tetapi Indoor Arena yang bisa dipakai untuk cabor-cabor lain seperti voli, bulutangkis, dan bahkan konser musik yang selama ini kita tidak punya fasilitas itu,” kata Menteri BUMN Erick Thohir.

“Dan ini sejalan dengan keberlanjutan disampaikan Pak Menpora dengan road map pembinaan olahraga yang jelas. Pemerintah hadir tidak hanya melihat sebuah even tetapi Pak Menpora, saya, Pak Basuki ditugaskan oleh Bapak Presiden untuk membangun infrastruktur yang multi fungsi sehingga bisa menyelenggarakan even-even tidak hanya di olahraga tetapi bahkan musik,” jelasnya.

Tampak hadir dalam momen penting ini, Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Executive Director FIBA Basketball World Cup 2023 David Crocker, Ketua JMC (Joint Management Committe) Cahyadi Wanda, Ketum Perbasi Danny Kosasih, dan Ketua Pelaksana FIBA WC 2023 Budisatrio Djiwandono.

Komentar