oleh

Menpora Amali Dukung Pencak Silat Untuk Mendunia dan Bertanding di Olimpiade

Dengar.id, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mendukung penuh Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) untuk membawa pencak silat mendunia dan dapat dipertandingkan di olimpiade.

“Kita dukung penuh tentang rencana besar kita kedepan, yakni Pencak silat Road to Olimpic,” kata Menpora Amali usai menerima audiensi Ketua Harian PB IPSI Beny Gautama yang hadir bersama Sekjen PB IPSI Tedy Suratmaji dan Muhammad Fariq di lantai 10 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (12/4/2022) pagi.

judul gambar

Menurut Zainudin Amali sesuai amanah UU pencak silat merupakan salah satu cabang unggulan yang disiapkan menuju ke olimpiade.

Baca juga: Upacara Harlah Pancasila Akan Dipusatkan di Ende dan Dihadiri Presiden Jokowi

“Sebagaimana didalam UU No. 11/2022, Perpres No.86/2021 dan DBON bahwa pencak silat adalah salah satu cabang olahraga unggulan yang disiapkan untuk kedepannya ke olimpiade,” ujar Menpora didampingi Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti.

“Banyak hal yang kita diskusikan tadi termasuk menghadapi SEA Games Vietnam dan Kamboja dan rencana pengurus pencak silat untuk membawa bagaimana pencak silat benar-benar mendunia,” pungkas Menpora Amali.

Sementara, Ketua Harian PB IPSI Beny Gautama kepada Menpora Amali mengaku berjuang keras agar pencak silat benar-benar bisa dipertandingkan di even olahraga bergengsi seantero dunia. “Kami berdiskusi banyak dengan Pak Menteri agar pencak silat benar-benar bisa dipertandingkan di olimpic,” kata Beny. 

“Satu-satunya internasional federasi yang memiliki office di Indonesia adalah pencak silat, selain sebagai budaya yang harus kita banggakan, marilah secara bersama-sama agar kita bisa memperjuangkan pencak silat di olimpic,” tambahnya.

Komentar