oleh

Menpora Amali Nilai PSSI dan PT LIB Secara Bersih dan Fair

Dengar.id, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali meyakini kompetisi sepak bola teratas Indonesia yang baru saja rampung digelar, Liga 1 bersih dari praktik-praktik yang tidak fair.

Pernyataan ini disampaikan Menpora Amali menjawab pertanyaan wartawan terkait adanya dugaan gugatan pihak Persipura Jayapura di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap pertandingan Persib Bandung vs Barito Putera yang dinilainya ‘bermain’. Dalam gugatannya, mereka meminta agar Persipura Jayapura batal degradasi dan tetap sebagai peserta liga 1.

judul gambar

Menpora Amali menilai Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT. Liga Indonesia Baru (LIB) telah menyelenggarakan Liga 1 dengan ketat.

Baca juga: Ketua Tim Review PPON Bersikap Objektif Cabor Yang Turun di SEA Games 2021 Vietnam

“Saya yakin PSSI sekarang sudah sangat ketat. Apalagi yang Liga 1 kalau Liga 3 seperti yang kita dengar kemarin (ada dugaa permainan). Kalau Liga 1 saya yakin benar-benar fair ini dan saya juga nonton,” kata Menpora Amali saat ditemui di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (18/4) malam.

“Saya tahu persis apa yang dilakukan PSSI, dan LIB. Saya hadir kok (nonton langsung). Jadi Liga 1 itu bersih,” tambahnya.

Terkait adanya gugatan ke pengadilan dari masalah olahraga tersebut, Menpora Amali mengatakan harusnya dibawa ke arbitrase. Sebab, hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan,  kecuali ada unsur pidananya.

“Kan di dalam UU Keolahragaan ada (diatur), ada badan arbitrasenya kecuali ada tindak pidana, itu baru bisa. Kalau cuma urusan olahraga ada di arbitrase,” kata Menpora.

Komentar