oleh

Menpora Amali Ucapkan Selamat Ulang Tahun KPSSI yang ke-92

Dengar.id, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) kepada federasi sepakbola nasional, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang ke-92. 

Ucapan ini disampaikan Menpora Amali saat menghadiri acara syukuran peringatan HUT PSSI ke-92 Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (19/4) malam. 

judul gambar

“Saya atas nama pemerintah menyampaikan selamat ulang tahun ke-92 untuk PSSI yang kita cintai,” kata Menpora Amali dalam sambutannya. 

Menpora Amali mengatakan umur 92 tahun kalau diibaratkan umur manusia maka sudah sangat senior. Bahkan, PSSI ini lahir sebelum Indonesia merdeka, karena Indonesia Merdeka pada tahun 1945 dan usianya saat ini baru 77 tahun. “Kita merdeka tahun 1945, sekarang ulang tahun ke- 77. Berarti sebelum 1945, PSSI sudah ada,” ujarnya. 

Baca juga: PP PBSI Mematangkan Atletnya Agar Bisa Memenuh Target 3 Medali Emas

Menpora Amali kemudian menjelaskan bahwa dulu organisasi olahraga termasuk PSSI salah satu tujuan dilanjutkannya adalah sebagai alat perjuangan. Sehingga nama federasi olahraga selalu menggunakan kata persatuan. 

“Karena waktu itu dilahirkan untuk mempersatukan bangsa Indonesia yang sedang berjuang untuk kemerdekaan maupun untuk mengisi kemerdekaan,” ujarnya. 

Dalam kesempatan ini, Menpora Amali mengatakan banyak harapan masyarakat terhadap PSSI, karena PSSI adalah federasi yang mengurusi sepakbola yakni cabang olahraga ini diminati oleh 73-75 persen rakyat Indonesia. 

“Sehingga pemerintah memberikan dukungan. Semua organisasi KONI dan KOI dan lain lain memberikan dukungan kepada PSSI. Kita berharap PSSI semakin baik kedepan prestasi timnas kita terus meningkat,” harapnya. 

Baca juga: PP PBSI Mematangkan Atletnya Agar Bisa Memenuh Target 3 Medali Emas

Terlebih Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 atau FIFA World Cup U-20 tahun 2023. Sehingga diharapkan Indonesia tidak hanya sukses sebagai penyelenggara tapi juga sukses prestasi. 

“Tahun depan kita akan menjadi tuan rumah perhelatan akbar sepakbola dunia U- 20. Kita harap sukses menjadi tuan rumah dan juga sukses prestasi timnas kita,” harapnya. 

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan Presiden Joko Widodo dan Menpora Amali selama ini terhadap kemajuan sepakbola. “Tentunya saya secara khusus mengucapkan terimakasih kepada Pak Presiden dan Menpora yang sangat mendukung kemajuan sepakbola di Indonesia,” katanya. 

Hadir dalam acara ini Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Direktur PT. Liga Indonesia Baru (LIB) Ahmad Hadian Lukita, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) Rakhmadi Afif Kusumo dan sejumlah mantan pemain timnas.

Komentar