oleh

Muhammadiyah Pastikan 1 Ramadan Jatuh Hari Sabtu (Hari ini)

Dengar.id, Jakarta – Warga Muhammadiyah memastikan akan memulai puasa Ramadan 1443 hijriah pada Sabtu (besok,red), 2 April 2022. Keputusan ini didasarkan kepada hasil hisab hakiki wujudul hilal 1 Ramadan yang telah disahkan dalam ketetapan maklumat Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Dilansir dari Suara Muhammadiyah, penetapan 1 Ramadan berdasarkan ijtimak (konjungsi) pada Jumat, 1 April pukul 13:27:13 WIB. Tinggi bulan pada saat matahari terbenam di Yogyakarta (-70° 48′ LS dan = 110° 21 BT) = +04° 50’ 25” (hilal sudah wujud) dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat matahari terbenam, bulan berada di atas ufuk.

judul gambar

Muhammadiyah menggunakan metode hisab untuk menentukan awal bulan dalam kalender Hijriyah. Metode hisab adalah pengamatan dengan menggunakan hitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan yang menandai dimulainya awal bulan dalam kalender Hijriyah.

Melalui hitungan ini, kemudian dapat ditentukan kapan ijtimak terjadi. Dalam Pedoman Hisab Muhammadiyah, berdasarkan Putusan Tarjih XXVI, 2003, kriteria bulan baru dalam Kalender Kamariah menurut Majelis Tarjih dan Tajdid adalah ketika terjadi tiga hal berikut, yaitu: Telah terjadi ijtimak (konjungsi) Ijtimak terjadi sebelum matahari terbenam, dan Pada saat terbenamnya matahari, bulan berada di atas ufuk Untuk penentuan awal bulan, harus dilakukan perhitungan terhadap saat terjadinya ijtimak, saat terbenamnya matahari, dan posisi bulan saat terbenamnya matahari.

Dengan perhitungan hisab inilah, Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah kemudian melalui keputusan Maklumat nomor 01/MLM/1.0/E/2022 menetapkan bahwa 1 Ramadan akan jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022.

Selain itu, dari perhitungan kalender komariyah, Syaban tahun ini akan berlangsung selama 29 hari, yakni hingga 1 April 2022 berdasarkan Kalender Hijriah Global yang menjadi sumber rujukan Majelis Tarjid dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Kalender Hijriah Global merupakan kalender yang disusun berdasarkan Kriteria Istanbul, hasil keputusan Kongres Internasional Unifikasi Kalender Hijriah Global di Istanbul, Turki pada 2016 silam.

Sementara itu, hasil hisab 1 Ramadhan 2022 berdasarkan sidang isbat jatuh pada Minggu, 3 April 2022. Bulan Syaban 1443 H telah dimulai sejak tanggal 4 Maret 2022 lalu.

Komentar