oleh

Oktober ini, Sirkuit Mandalika Jadi Tuan Rumah Balap Mobil GT World Challenge Asia

Dengar.id, NTB – Usai perhelatan MotoGP pada beberapa hari lalu, Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit dijadwalkan akan menggelar balapan kelas internasional kembali, yaitu GT World Challenge (GTWC) Asia di Oktober 2022.

Pengumuman ini diberitakan langsung oleh situs resmi GT World Challenge Asia, seri di Sirkuit Mandalika pada 21 sampai 23 Oktober mendatang.

judul gambar

”Kepastian ini diketahui melalui kalender resmi yang sudah dirilis pihak GT World Challenge Asia yang menempatkan Mandalika, Indonesia sebagai tempat gelaran seri keenam,” kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Rabu (24/03/2022).

Menurutnya, Sirkuit Mandalika sendiri menjadi salah satu dari enam sirkuit yang akan menjadi lokasi supercar di Asia. ”Lima lainnya yakni Sepang Internasional Circuit di Malaysia, di Jepang yakni Suzuka International Circuit, Fuji International Speedway, Sportsland Sugo dan Okayama Internasional Circuit,” bebernya.

”Ketika nanti digelar GT World Challenge Asia, Sirkuit Mandalika akan menjadi sejarah baru balap mobil kelas dunia pertama di Indonesia,” sambung Bang Zul.

Lebih lanjut Polisitisi PKS ini menuturkan, pihaknya masih menunggu informasi selanjutnya dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) terkait kepastian tersebut. ”Insya Allah, kita tunggu berita dari IMI selanjutnya,” ujarnya.

Yang jelas kata Gubernur, ada lima event balapan yang sedang diajukan untuk digelar di Sirkuit Mandalika. Diantaranya MotoGP, GT World Challenge Asia, hingga World Superbike (WorldSBK) November mendatang.

”Juga ada lima event lain yang juga sedang diajukan untuk Sirkuit Mandalika,” paparnya.

Diketahui, GT World Challenge Asia adalah ajang balap mobil sport atau grand tourer. Grand tourer tersebut ialah jenis mobil sport yang dirancang dengan kecepatan tinggi dan untuk berkendara jarak jauh.

Ada beberapa merek-merek mobil ternama yang membalap di sini, mulai dari Ferrari, Aston Martin, Audi, BMW M, McLaren, Mercedes-Benz AMG, Lamborghini, dan Porsche.

Seri GTWC Asia sendiri akan tiba di Mandalika pada tanggal 21-23 Oktober 2022 mendatang. Acara tersebut akan dibuka di Sepang, Malaysia, 20-22 Mei 2022.

Berikut jadwal GT World Challenge Asia, Sepang International Circuit, Malaysia pada 20-22 Mei 2022. Suzuka International Cicuit pada 22-24 Juli 2022, Sportsland Sugo 19-21 Agustus 2021, Okayama International Circuit 23-25 September 2022 dan Sirkuit Mandalika pada 21-23 Oktober 2022.

Komentar